Kemenkes Soroti 5 Klaster Covid-19 yang Merebak Saat Ramadan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 April 2021, 19:12
Sejumlah anggota keluarga menangis menyaksikan pemakaman jenazah almarhum Wakil Wali Kota Dumai Amris di Taman Makam Pahlawan Dumai, Riau, Kamis (29/4/2021). Wakil Wali Kota Dumai Amris meninggal dunia di rumah sakit Pekanbaru setelah menjalani perawatan
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.
Sejumlah anggota keluarga menangis menyaksikan pemakaman jenazah almarhum Wakil Wali Kota Dumai Amris di Taman Makam Pahlawan Dumai, Riau, Kamis (29/4/2021). Wakil Wali Kota Dumai Amris meninggal dunia di rumah sakit Pekanbaru setelah menjalani perawatan selama 18 hari karena comorbid (penyakit bawaan) yang terinfeksi SARS CoV-2 (COVID-19) dan dikebumikan secara militer di Taman Makam Pahlawan Dumai.

Menjelang Lebaran, pemerintah memperingatkan potensi peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia. Setidaknya ada lima klaster penularan Covid-19 yang kini dikhawatirkan berpotensi menjadi superspreader.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyatakan, di antara klaster yang teridentifikasi itu ada yang terkait dengan aktivitas masyarakat saat Ramadan.

"Pertama, dimulai dari adanya klaster perkantoran. Kedua, klaster buka puasa bersama. Ketiga, klaster tarawih di Banyumas. Keempat, klaster mudik di Pati. Kelima, klaster takziah di Semarang," kata Nadia dalam konferensi pers, Jumat (30/4).

Nadia mengatakan, klaster baru yang ditemukan ini disebabkan oleh masyarakat yang mulai abai dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama saat melaksanakan ibadah tarawih berjamaah.

Contohnya di Banyumas, ada  51 orang positif Covid-19. “Mereka terpapar Covid-19 setelah ada satu jamaah yang sudah positif Covid-19 nekat melaksanakan sholat berjamaah di masjid,” kata Nadia.

Ia menyarankan, bagi masyarakat yang memang sudah memiliki gejala seperti Covid-19, lebih baik melaksanakan ibadah di rumah. Ia berpesan, agar kebijakan relaksasi beribadah yang diberikan pemerintah harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...