Sejumlah Langkah Kemenkes Menangkal Penularan Covid-19 dari India

Pingit Aria
7 Mei 2021, 17:52
Adnan Abidi Seorang perempuan menangis saat proses kremasi suaminya, yang meninggal dunia akibat penyakit virus korona (COVID-19), di sebuah krematorium di New Delhi, India, Rabu (5/5/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/hp/cf
Adnan Abidi Seorang perempuan menangis saat proses kremasi suaminya, yang meninggal dunia akibat penyakit virus korona (COVID-19), di sebuah krematorium di New Delhi, India, Rabu (5/5/2021).

Situasi Covid-19 di India semakin parah dengan penambahan 418.188 kasus baru pada Jumat (7/5). Pemerintah pun semakin waspada karena varian baru virus corona dari India atau B.1.617 diketahui sudah masuk ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan melakukan sejumlah langkah pencegahan. "Yang pertama adalah tentunya membatasi kemungkinan masuknya varian atau mutasi virus yang baru ini," kata Direktur Pencegahan dan Penyakit tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia dalam program Profit CNBC Indonesia, Jumat (7/6/2021).

Pembatasan itu dilakukan dengan memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk negara, baik melalui udara atau laut, maupun perbatasan darat. Semua warga negara asing yang masuk ke Indonesia harus memenuhi sejumlah persyaratan. Mereka juga wajib dikarantina selama lima hari dan melakukan tes PCR sebanyak dua kali.

Khusus untuk warga India, pemerintah menutup pemberian visa untuk sementara waktu. Ketentuan ini juga berlaku untuk warga negara asing yang pernah punya riwayat pekerjaan serta tinggal selama 14 hari di negeri Bollywood itu.

Sementara itu, prajurit TNI yang baru pulang dari India masih dapat masuk ke Tanah Air. “Tetapi mereka tetap wajib menjalani kaantina selama 14 hari,” kata Siti Nadia.

Dia mengakui pembatasan varian baru virus corona, baik yang berasal dari India, Inggris dan Afrika Selatan bukan sesuatu yang mudah. Karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk menjalankan Gerakan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...