Arab Saudi Buka Ibadah Haji 2021, Ini Persiapan Kementerian Agama

Pingit Aria
10 Mei 2021, 15:58
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama kepada jemaah calon haji di Puskesmas Merdeka, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (25/3/2021). Sebanyak 1.200 jemaah calon haji Embarkasi Kota Palembang mengikuti vaksinasi COVID-19 sebagai syara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama kepada jemaah calon haji di Puskesmas Merdeka, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (25/3/2021). Sebanyak 1.200 jemaah calon haji Embarkasi Kota Palembang mengikuti vaksinasi COVID-19 sebagai syarat utama yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi agar dapat berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Pemerintah Arab Saudi memutuskan akan kembali menyelenggarakan ibadah haji pada 2021. Sebelumnya, Arab Saudi menutup pintu bagi Jemaah asing pada musim haji 2020 karena pandemi Covid-19.

Dilansir dari Reuters, pemerintah Arah Saudi akan menerapkan syarat khusus untuk berjaga-jaga dari pandemi Covid-19. Namun, detail ketentuan khusus tersebut belum diumumkan.

Tahun lalu, Arab Saudi hanya mengizinkan sejumlah kecil jamaah domestik untuk menunaikan haji. Jemaah yang diizinkan naik haji tahun lalau adalah ekspatriat yang bermukim di sana dan penduduk lokal.

Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag), Khoirizi menyambut informasi dari Arab Saudi tersebut. Menurutnya, kepastian penyelenggaraan haji sudah ditunggu masyarakat muslim Indonesia, bahkan dunia.

Bagaimanapun, pemerintah masih harus menunggu detail ketentuan teknis penyelenggaraan haji dari pemerintah Arab Saudi. “Kita tentu bersyukur dengan pengumuman dari Saudi bahwa tahun ini ada penyelenggaraan haji. Namun, Saudi baru memastikan adanya penyelenggaraan haji, belum mengumumkan rencana operasionalnya,” kata Khoirizi dalam siaran pers, Senin (10/5).

Simak Databoks berikut: 

Khorizi menerangkan, Saudi dalam pengumumannya menyebutkan bahwa rencana operasional haji tahun ini akan diumumkan di kemudian hari. "Kita akan segera koordinasikan terkait rencana operasionalnya,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...