Pemprov DKI Tutup Ancol, TMII dan Kebun Binatang Ragunan hingga 17 Mei

Pingit Aria
15 Mei 2021, 19:19
Sejumlah warga yang akan berwisata tertahan di kawasan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pengelola Ancol Taman Impian menutup seluruh area rekreasi dan wisata Pantai Ancol selama satu hari pada Sabtu (15/5) untuk dilakukan penyem
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Sejumlah warga yang akan berwisata tertahan di kawasan pintu masuk Ancol Taman Impian, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pengelola Ancol Taman Impian menutup seluruh area rekreasi dan wisata Pantai Ancol selama satu hari pada Sabtu (15/5) untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan evaluasi penguatan protokol kesehatan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan untuk mencegah terjadinya klaster penularan Covid-19. Ketiga lokasi wisata ditutup dua hari pada  tanggal 16 Mei hingga 17 Mei 2021.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani pelaksana tugas (plt) Kadisparekraf Gumilar Ekalaya dan dikeluarkan Sabtu (15/5) ini.

Advertisement

Dalam suratnya, Gumilar menulis bahwa keputusan diambil berdasarkan hasil evaluasi peningkatan pengunjung di ketiga lokasi wisata pada tanggal 14-15 Mei 2021.

Surat yang ditujukan pada tiga pengelola tempat wisata favorit di Ibu Kota tersebut, ditembuskan pada Gubernur Provinsi DKI Jakarta; Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta; Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta; Inspektur Provinsi DKI Jakarta; Para Walikota Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta; dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Iffan menyatakan bahwa untuk sementara ini, penutupan masih kepada tiga tempat wisata tersebut. Sementara museum tetap boleh buka. "Museum tidak dikenakan kebijakan itu," ucap Iffan.

Diketahui, jumlah pengunjung di tiga tempat lokasi pariwisata tersebut terbilang membeludak saat periode libur lebaran 2021. Pengunjung Ancol misalnya, pada 14 Mei 2021 lalu tercatat di angka 43 ribu orang. Angka tersebut mencapai 35% dari total kapasitas 120 ribu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement