WHO: Hindari Perjalanan ke Luar Negeri meski Sudah Divaksin

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 Mei 2021, 12:35
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 tahap kedua kepada pedagang di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/5/2021). Sebanyak 770 pedagang menerima vaksin tahap kedua untuk menekan penyebaran COVID-19 di pusat perbelanjaan sekaligus seb
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 tahap kedua kepada pedagang di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/5/2021). Sebanyak 770 pedagang menerima vaksin tahap kedua untuk menekan penyebaran COVID-19 di pusat perbelanjaan sekaligus sebagai upaya Pemerintah Kota Solo memulihkan sektor perekonomian.

Penyuntikan vaksin Covid-19 telah mulai berjalan di berbagai negara, meski belum merata. Sementara itu, sebagian negara lain tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan perjalanan internasional.

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa, Hans Kluge menyatakan, meski vaksinasi ampuh melawan seluruh varian Covid-19, namun perjalanan lintas negara tetap harus dihindari.

Advertisement

"Saat ini, dalam menghadapi ancaman berkelanjutan dan ketidakpastian ini, kami perlu terus berhati-hati dan memikirkan kembali atau menghindari peerjalanan internasional," kata Hans Kluge dikutip dari The Guardian, Jumat (21/5).

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak terlena dengan vaksin dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Gerakan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun harua terus dijalankan.

Kluge mengatakan, 23% warga di wilayahnya sudah menerima satu dosis vaksin, dengan 11% yang sudah menerima dua dosis vaksin.  “Jangan sampai abai dan membuat kesalahan yang sama seperti tahun lalu, di mana terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang mengakibatkan ekonomi terpuruk,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement