Setahun Pandemi, Makin Banyak Hotel Dijual Murah di Marketplace

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 Mei 2021, 12:17
Sejumlah tamu berdiri di balkon salah satu hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat menyatakan ratusan hotel kelas melati dan kelas berbintang di Jawa Barat mulai tidak beroperasi bahk
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Sejumlah tamu berdiri di balkon salah satu hotel di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat menyatakan ratusan hotel kelas melati dan kelas berbintang di Jawa Barat mulai tidak beroperasi bahkan dijual melalui situs penjualan daring untuk menutupi biaya operasional dan perbankan imbas dari rendahnya tingkat okupansi di masa pandemi COVID-19.

Pandemi Covid-19 telah lebih dari setahun melanda Indonesia. Berbagai pembatasan perjalanan yang menyertainya kemudian membuat industri pariwisata, termasuk perhotelan menjadi lesu.

Akhir-akhir ini, sejumlah hotel dijual secara terang-terangan melalui platform jual-beli online. Di situs jual beli properti Lamudi misalnya, tercatat ada 631 hotel di Bali yang dijual dengan harga berkisar Rp 15 miliar sampai triliunan rupiah. Salah satunya berada di Ubud, Gianyar.

Advertisement

Sementara itu, di Surabaya, dijual sebuah hotel di kawasan Keputih dengan harga Rp 6 miliar, terdiri dari 4 lantai dengan 25 kamar tidur. Namun statusnya sebagai Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Ada juga hotel bintang 3 di kawasan Jemursari, Surabaya Selatan yang dibanderol Rp 65 miliar.

Di Jakarta, ada lebih dari 300 hotel yang dijual. Jakarta Selatan dan Jakarta Barat termasuk yang banyak hotel dijual, masing-masing ada 98 hotel dan 87 hotel.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengungkapkan, sebagian pengusaha hotel mulai menjual hotel miliknya karena kondisi keuangan perusahaan yang memburuk akibat pandemi Covid-19.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement