Munas Kadin Digelar Pekan Depan, Arsjad dan Anindya Bersaing Ketat

Arsjad Rasjid bertemu Jokowi, sedangkan Anindya Bakrie terus bersafari. Keduanya bersaing untuk menggantikan posisi Rosan Roeslani sebagai Ketua Umum Kadin.
Pingit Aria
24 Mei 2021, 17:44
Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid (kanan) menyambut kedatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi (kedua kanan) dan Ketua KADIN Sumbar, Ramal Saleh (kiri) saat kegiatan buka bersama di Padang, Sumatera Ba
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid (kanan) menyambut kedatangan Gubernur Sumbar, Mahyeldi (kedua kanan) dan Ketua KADIN Sumbar, Ramal Saleh (kiri) saat kegiatan buka bersama di Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/4/2021).

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar musyawarah nasional atau Munas pada 2-4 Juni 2021. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri pertemuan tersebut di Bali.

Agenda utama Munas Kadin kali ini adalah untuk memilih ketua umum, menggantikan Rosan Perkasa Roeslani yang akan ditunjuk sebagai calon Duta Besar Amerika Serikat (AS). Ada dua calon Ketum yang kini bersaing ketat: Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

Arsjad Rasjid merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk. Sedangkan Anindya Bakrie merupakan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya telah 15 tahun berkiprah dalam kepengurusan Kadin, sementara Arsyad baru 2 tahun.

Arsjad mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum Kadin pada Jumat, 26 Maret 2021. Sejumlah tokoh nasional hadir dalam acara yang digelar di Hutan Kota Plataran, Jakarta itu. Di antaranya, Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Advertisement

Ketiga tokoh itu juga yang pada Selasa (18/5) pekan lalu Bersama Arsjad menemui Presiden Jokowi di Istana. Mereka meninjau pelaksanaan perdana program Vaksinasi Gotong Royong yang merupakan program pemerintah bersama Kadin.

Simak Databoks berikut: 

Kemudian, Arsjad bertolak ke Sulawesi Tengah dan bertemu dengan Ketua Umum Provinsi Sulawesi Tengah, M Nur Rahmatu. Selain itu, ia juga menghadiri acara halal bihalal dengan Kadin Provinsi Sulawesi Tengah yang lagi-lagi dihadiri oleh Lutfi dan Bahlil.

“Seluruh anggota Kadin Provinsi Sulawesi Tengah sepakat memutuskan untuk mendukung saya sepenuh hati dalam Munas ke-8 Kadin Indonesia,” kata Arsjad melalui akun instagram pribadinya, @arsjadrasjid.

Pada 22 Mei 2021, Rasjid bertemu dengan Ketua Umum Kadin NTT Paul Lianto dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi. Ia mengisi kegiatannya dengan memberikan kuliah umum di Universitas Citra Bangsa dan meninjau pembangunan Harper Hotel Kupang.

Pada Minggu (23/5), Arsjad menemui Ketua Kadin DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi untuk meminta dukungan kepada Kadin DIY.

PELANTIKAN PENGURUS KADIN SULAWESI TENGAH
PELANTIKAN PENGURUS KADIN SULAWESI TENGAH (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.)

 

Sementara itu, Anindya Bakrie juga terus bersafari untuk mengumpulkan dukungan ke berbagai daerah. Untuk diketahui, Ada 132 suara yang diperebutkan dalam pemilihan Kadin. Masing-masing pengurus Kadin Daerah dari 34 provinsi memiliki tiga suara sehingga total suara dari perwakilan daerah mencapai 100 suara. Selain itu, 30 suara lainnya berasal dari perwakilan asosiasi pengusaha di bawah Kadin.

Pada 18 Mei 2021, Anindya menemui Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. “Beliau yakin saya bisa menjalankan tujuan bersama untuk mempercepat pertumbuhan sektor manufaktur,” kata Anindya melalui akun instagram pribadinya, @anindyabakrie.

Simak Databoks berikut: 

Kemudian, pada 20 Mei 2021, Anindya berkunjung ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri) untuk menemui Ketua Umum Kadin Kepri, Akhmad Ma'ruf Maulana. Ia menghadiri sekaligus membuka rapat pinpinan provinsi (Rapimprov) Kadin Kepri. Acara tersebut dihadiri juga oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

“Beliau mengatakan siap bekerjasama dengan Kadin yang merupakan mitra strategis pemerintah dalam pemulihan ekonomi. Beliau juga mendoakan saya terpilih menjad ketua umum Kadin Indonesia. Teman-teman Kadin Kepri dan Kadin Kabupaten/kota juga menegaskan dukungannya pada saya,” tulis Anindya pada unggahan akun Instagramnya.

Dari Kepri, Anindya terbang ke Palembang untuk menghadiri acara Halal bihalal yang diadakan oleh Kadin Sumatera Selatan, sekaligus bertemu dengan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M. Fauwaz Diradja.

Dari Palembang, ia bertolak ke Palembang dan bertemu dengan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, sekaligus membuka acara Musyawarah Provinsi (Musprov) VII Kadin Kalimantan Tengah. Anindya juga telah bertolak ke Mamuju, Sulawesi Barat pada 23 Mei 2021. Ia bertemu dengan Ketua Umum Kadin Sulbar, Taslim Tammauni.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait