Munas Kadin Diundur, Rosan Sebut Arahan Jokowi

Pingit Aria
28 Mei 2021, 07:40
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Musyawarah nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Munas Kadin batal digelar di Bali pada 2-4 Juni 2021. Ketua Umum Kadin periode 2015-2020 Rosan Perkasa Roeslani disebut mengubah rencana atas arahan pemerintah.

Mundurnya Munas Kadin dipastikan melalui surat pemberitahuan yang dikeluarkan Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia kepada ketua asosiasi dan anggota luar biasa tertarikh Kamis, 27 Mei 2021. Surat dengan nomor 405/DP5/V/2021 menyatakan Munas Kadin akan ditunda sampai 30 Juni 2021.

Advertisement

Tidak hanya waktunya, lokasi penyelenggaraan Munas pun berubah. Surat tersebut juga menyatakan musyawarah akbar digelar di Kota Kendari.

 Dengan mundurnya jadwal, proses pendaftaran anggota luar biasa peserta konvensi juga akan diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditetapkan.

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kadin Benny Soetrisno mengatakan pembatalan merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Ada permintaan secara verbal yang diterima oleh Ketua Umum Rosan dari pimpinan pemerintah,” ujar Benny yang juga menjadi panitia Munas, Jumat, 28 Mei 2021.

Agenda utama dalam Munas Kadin kali ini adalah untuk memilih ketua umum yang baru. Ada dua calon yang telah mendaftar, yakni Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

PELANTIKAN PENGURUS KADIN SULAWESI TENGAH
PELANTIKAN PENGURUS KADIN SULAWESI TENGAH (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.)

Arsjad Rasjid merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk. Sedangkan Anindya Bakrie merupakan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya merupakan ‘wajah lama’ dengan belasan tahun pengalaman dalam kepengurusan Kadin, sementara Arsyad baru 2 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement