Buruh Lanjutkan Boikot Indomaret Pekan Depan

Rizky Alika
28 Mei 2021, 14:56
Sejumlah karyawan Indomaret bersama konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa di depan PT.Indomarco Prismatama, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis, 27 Mei 2020. Dalam aksi te
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah karyawan Indomaret bersama konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa di depan PT.Indomarco Prismatama, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis, 27 Mei 2020. Dalam aksi tersebut pengunjuk rasa menuntut pihak perusahaan mecabut status tersangka Anwar Bessy, karyawan indomaret yang dituduh merugikan pihak perusahaan. Muhammad Zaenuddin|KATADATA

Para buruh akan melanjutkan boikot produk Indomaret pada pekan depan. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, para buruh akan melanjutkan boikot pada Selasa (1/6) atau Rabu (2/6) pekan depan.

"Kami akan lakukan kampanye di beberapa toko," kata Said dalam konferensi pers secara daring, Jumat (28/5).

Boikot akan dilakukan pada gerai Indomaret di kota besar, seperti Jakarta, dan Surabaya. Para buruh akan melakukan pemasangan spanduk dan poster di depan toko tersebut untuk menyerukan boikot produk Indomaret.

Said memastikan boikot akan dilakukan sesuai prosedur konstitusi dan peraturan perundang-undangan. Buruh juga menerapkan protokol kesehatan dalam rangka menekan penularan Covid-19.

Selain itu, KSPI akan melakukan kampanye boikot di media sosial. Kemudian, boikot juga dilakukan saat sidang Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) pada Juni mendatang.

"Saya akan kampanyekan retail terbesar di Indonesia, sudah listing di bursa efek, tapi abaikan hak buruh," katanya.

Boikot dilakukan untuk menuntut pembebasan pidana terhadap pegawai PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Anwar Bessy. Sebagai informasi, Anwar Bessy merupakan pegawai Indomaret di Jakarta Utara. Anwar dilaporkan secara pidana oleh pihak perusahaan lantaran ia tidak sengaja merusak dinding gypsum kantor saat menuntut pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2020.

Demo Buruh Boikot Indomaret
Demo Buruh Boikot Indomaret (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Hingga saat ini, Said mengatakan belum ada kesepakatan antara buruh dengan pimpinan perusahaan Indomarco. Namun, kedua belah pihak telah melakukan dialog yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...