Angkasa Pura I Gandeng FL Technics Kembangkan MRO Pesawat di Bali

FL Technics Indonesia yang merupakan perusahaan joint venture Lithuania-Indonesia sebelumnya memiliki fasilitas bengkel (maintenance, repair, overhaul/MRO) pesawat di Bandara Soekarno Hatta.
Pingit Aria
4 Juni 2021, 17:24
Penumpang pesawat udara berjalan menuju pintu keluar di area Terminal Kedatangan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (5/5/2021). Menjelang pemberlakuan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 6-17 Mei 2021,
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Penumpang pesawat udara berjalan menuju pintu keluar di area Terminal Kedatangan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (5/5/2021). Menjelang pemberlakuan larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 6-17 Mei 2021, terjadi peningkatan arus penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dengan jumlah penumpang lebih dari 10 ribu orang per hari.

PT Angkasa Pura I melalui anak usahanya, PT Angkasa Pura Properti menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan FL Technics Indonesia untuk membangun fasilitas perawatan pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

FL Technics Indonesia merupakan perusahaan joint venture Lithuania-Indonesia yang bergerak di bidang MRO (maintenance, repair, overhaul) pesawat.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh kedua pimpinan perusahaan, yaitu Presiden Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigalavicius dan Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti Pikri Ilham Kurniansyah di Kantor Pusat PT Angkasa Pura Properti, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis 3 Juni 2021.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Properti, Pikri Ilham Kurniansyah berharap kerja sama ini menjadi angin segar bagi bangkitnya perekononomian Bali. Sebab, Pulau Dewata selama ini sangat bertumpu pada bidang pariwisata dan bagi industri transportasi yang terdampak pandemi Covid-19.

Advertisement

Simak Databoks berikut: 

Ia menyatakan, Angasa Pura Properti selalu membuka peluang untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal ekspansi bisnis. “Meskipun kita masih harus hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 Angkasa Pura Property akan terus bergerak dan bertumbuh dalam mengembangkan bisnisnya.”

Dengan kerjasama operasi ini, maka bisnis MRO diproyeksikan dapat menjadi salah satu investasi menarik bagi pemulihan ekonomi di Bali dan juga Indonesia. Melalui MRO pesawat udara, diharapkan tingkat kunjungan internasional ke Indonesia, terutama Bali, menjadi kembali aktif.

Kerja sama ini juga menandai berlanjutnya kehadiran FL Technics Indonesia. Sebelumnya, sejak tahun 2015 telah menjalankan bisnis MRO-nya di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan berhasil menarik perhatian maskapai-maskapai penerbangan internasional untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pesawat.

Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigalavicius mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan bersama dengan negara-negara lain. “Karena itu saya berkomitmen untuk mengembangkan lebih banyak kerja sama internasional ini melalui kehadiran FL Technics di Indonesia," ujarnya

Menurutnya, Bali merupakan lokasi yang tepat bagi perusahaannya untuk mengembangkan industri MRO. “Dengan kerja sama ini, akan tercipta lebih dari 500 lapangan kerja baru bagi para profesional di bidang aviasi dan saya optimis kita bisa bersama-sama mengembalikan perekenomian di Bali dan menyemarakkan kembali industri transportasi udara Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto menyatakan bahwa kerja sama ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk ekspansi bisnis yang tidak tergantung dengan penerbangan saja. Sehingga dengan adanya bisnis MRO akan terjadi transfer knowledge dari FL Technic khususnya tentang manajemen MRO.

“Saya berharap kerjasama ini menjadi awal yang baik dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak serta bersama kita dapat rebound dari pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait