Honda Tarik 94 Ribu Kendaraan karena Masalah Fuel Pump

Honda memastikan seluruh penggantian komponen pada recall kali ini dilakukan secara gratis.
Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Juni 2021, 11:38
Model berpose di samping New Honda Civic Hatcback RS saat peluncuran di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Model ini dihadirkan dengan tampilan yang semakin "sporty" dan "stylish" dengan berbagai perubahan bagian interior dan eksterior yang menjadi varian ter
ANTARA FOTO/Zarqoni Maksum
Model berpose di samping New Honda Civic Hatcback RS saat peluncuran di Jakarta, Kamis (6/2/2020). Model ini dihadirkan dengan tampilan yang semakin "sporty" dan "stylish" dengan berbagai perubahan bagian interior dan eksterior yang menjadi varian terbaru dari legenda Honda Civic di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) menarik kembali (recall) untuk sejumlah model mobilnya karena kerusakan pada komponen fuel pump. Di antara model mobil yang ditarik adalah Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord tahun 2019.

Penarikan oleh pabrikan otomotif Jepang ini merupakan lanjutan dari program recall yang telah diumumkan sebelumnya dan berjalan sejak 2020.

Honda melakukan recall untuk memperbaiki komponen fuel pump. Ini merupakan tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin mati secara tiba-tiba saat mobil dikemudikan karena fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jumlah unit yang teridentifikasi dalam program Recall kali ini adalah sebanyak 94.443 unit.

Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager HPM mengatakan, perusahaan berupaya memastikan seluruh unit mobil yang ada pada konsumen berada dalam kondisi serta standar tertingginya. Dalam program ini, seluruh penggantian komponen dilakukan tanpa memungut biaya apapun.

Advertisement

“Oleh karena itu, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke dealer resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen,” kata Denny dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6).

Sementara itu, penjualan mobil pada awal 2021 mulai meningkat, setelah tahun lalu industri otomotif terpukul oleh pandemi Covid-19. Simak Databoks berikut: 

Kampanye penggantian komponen fuel pump dimulai pada 4 Juni 2021. Honda telah mengirimkan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi melalui surat ke alamat terakhir yang terdaftar, untuk melakukan penggantian komponen di dealer resmi Honda.

Untuk proses penggantian komponen fuel pump, konsumen dapat langsung menghubungi dealer resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store/Play Store.

Denny mengatakan, dealer resmi Honda menerapkan Protokol Kesehatan sesuai dengan prosedur atau panduan yang dikeluarkan pemerintah, seperti menerapkan pemeriksaan kesehatan kepada setiap personel dealer, penerapan physical distancing di penerimaan dan ruang tunggu serta proses sanitasi terhadap fasilitas dealer dan kendaraan pelanggan.

Adapun, proses penggantian komponen ini memerlukan waktu sekitar 60 – 90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda.

Sebelumnya Honda di Indonesia mengumumkan pada 15 Juli 2020 recall fuel pump untuk 85.025 unit. Model yang terindentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait