Pengusaha Sambut Usul Anies Soal Insentif bagi Pesepeda

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 Juni 2021, 00:03
Sejumlah warga bersepeda saat berangkat bekerja menuju kantornya di Jakarta, Kamis (2/6/2021). Kegiatan "Bike to Work" tersebut dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia pada tanggal 3 Juni.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Sejumlah warga bersepeda saat berangkat bekerja menuju kantornya di Jakarta, Kamis (2/6/2021). Kegiatan "Bike to Work" tersebut dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia pada tanggal 3 Juni.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pengusaha memberikan insentif bagi pekerja yang mengendarai sepeda. Di tengah tren yang menurun, wacana yang digulirkan oleh Anies ini bisa kembali meningkatkan minat masyarakat untuk kembali bersepeda.

Selain itu, pemerintah juga harus meningkatkan fasilitas untuk mendukung keamanan dan kenyamanan masyarakat bersepeda. “Kalau sudah semakin mudah dan aman dalam bersepeda, ini yang bisa kembali meningkatkan tren,” kata Ketua Forum Pengusaha Industri Sepeda Indonesia (Fopsindo) Eko Wibowo Utomo, Senin (7/6).

Eko mengatakan, saat ini tren bersepeda saat ini mulai mengalami penurunan. “Saat ini demand tetap ada, namun mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan pasar melakukan penyesuaian harga karena barangnya yang sudah terlalu banyak. Bahkan beberapa dealer menjual dengan harga modal,” ujarnya.

Ia mengatakan, penurunan harga jual berkisar Rp 2 juta per unit dari harga sebelumnya Rp 3-4 juta. Pada 2020 lalu, ekspektasi dari permintaan sepeda bisa mencapai 7-8 juta unit per tahun. Sementara pada tahun ini, Eko mengatakan, permintaan sepeda tidak akan lebih dari 5 juta unit.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan setiap perusahaan dan perkantoran di DKI Jakarta dapat memberikan insentif kepada karyawan yang berangkat ke kantor dengan menggunakan sepeda. "Kami berharap perusahaan, kantor-kantor, memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda," ucap Anies.

Beberapa contoh insentif yang dapat diberikan, kata Anies, antara lain kemudahan kredit sepeda, dan subsidi premi asuransi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...