Harga Sapi Diprediksi Kembali Naik Jelang Idul Adha

Cahya Puteri Abdi Rabbi
9 Juni 2021, 18:37
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Boyolali melakukan pendataan harga daging sapi di Pasar Kota Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021). Kegiatan sidak gabungan tersebut bertujuan untuk mengendalikan dan mengetahui persediaan, harga dan ke
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Boyolali melakukan pendataan harga daging sapi di Pasar Kota Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021). Kegiatan sidak gabungan tersebut bertujuan untuk mengendalikan dan mengetahui persediaan, harga dan keamanan pangan menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah agar tidak merugikan masyarakat.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442H, harga sapi diprediksi akan naik karena ada kebutuhan untuk kurban. Ketua Umum Komunitas Sapi Indonesia (KSI) Pusat Budyiono mengatakan, banyaknya kebutuhan tersebut menyebabkan populasi menurun.

Budiyono memperkirakan, harga sapi menjelang Idul Adha akan naik antara Rp 4.000 sampai Rp 5.000 per kilogram timbang hidup atau sekitar 10% dari harga saat ini, yakni Rp 48.000 sampai Rp 50.000 per kilogram timbang hidup.

“Kenaikan terjadi karena pada saat Idul Fitri kemarin, harganya sudah tinggi. Kemudian populasi juga semakin sedikit karena pemotongan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan lebaran sangat besar,” kata Budiyono dalam Webinar Rantai Pasokan Sapi Menjelang Idul Adha 1442 H, Rabu (9/6).

Ia mengatakan, populasi yang semakin berkurang juga disebabkan karena kurangnya peternak lokal yang melakukan pembiakan sapi. Hal ini mengakibatkan jumlah pemotongan sapi betina produktif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjadi sangat tinggi.

Menurutnya, Indonesia belum memiliki industri breeding yang mencukupi untuk menjaga populasi sapi lokal. “Dengan demikian, pada saat kebutuhan akan sapi meningkat untuk momen tertentu, seperti Idul Fitri dan Idul Adha, bagaimanapun kondisi sapinya, semua dipotong,” ujarnya.

Budiyono mengkhawatirkan depopulasi sapi lokal terus meningkat, karena sapi betina yang masih produktif seharusnya dikembangbiakan. Namun kondisi yang terjadi saat ini adalah, sapi betina produktif lebih banyak dijual untuk dipotong.

Sementara itu, Pengamat Pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Khudori, mengatakan, Indonesia akan sulit mencapai swasembada daging sapi jika tidak punya industri breeding.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...