Kasus Covid-19 Meningkat, RSD Wisma Atlet Semakin Penuh

Cahya Puteri Abdi Rabbi
11 Juni 2021, 18:23
Sejumlah pasien positif COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (26/5/2021). Berdasarkan data pengelola, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran saat ini menunjukkan peni
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Sejumlah pasien positif COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (26/5/2021). Berdasarkan data pengelola, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran saat ini menunjukkan peningkatan sebesar 10 persen dalam kurun waktu sembilan hari terakhir terhitung sejak Selasa (18/5/2021) yaitu sebesar 15,02 persen menjadi 25,21 persen.

Tingkat keterisian Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran kembali meningkat. Hal ini seiring dengan tren kasus Covid-19 yang juga mengalami peningkatan setelah masa libur lebaran.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, keterisian ruang perawatan di RSD Wisma Atlet hari ini mencapai 67,05%. Selain itu, jumlah pasien masuk juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya 125 pasien per hari, menjadi 574 pasien masuk dalam 25 jam terakhir.

Advertisement

“Kenaikannya mencapai 359%. Hal ini dapat menggambarkan kegawatan yang terjadi,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/6).

Wiku mengatakan, berdasarkan laporan per tanggal 8 Juni 2021, pasien yang masuk ke Wisma Atlet pada tanggal tersebut di dominasi dari wilayah Kecamatan Cipayung, Ciracas dan Kecamatan Pasar Minggu.

“Ini tentu menjadi alarm keras bagi kita, karena tidak bisa terus mengandalkan Wisma Atlet sebagai buffer fasilitas pelayanan pasien Covid-19 di Jakarta,” ujar dia.

Lebih lanjut, Wiku menyampaikan, pada Kamis (10/6), jumlah tambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 8.892 kasus. Ini merupakan angka tertinggi selama lebih dari tiga bulan terakhir.

Adapun provinsi di Pulau Jawa yang menyumbangkan kenaikan kasus sangat signifikan dalam 10 hari terakhir diantaranya, DKI Jakarta, di mana dalam 10 hari terakhir kasusnya meningkat lebih dari 300%.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement