Kasus Covid-19 Naik Setelah Lebaran, Indonesia Bisa Jadi Seperti India

Cahya Puteri Abdi Rabbi
11 Juni 2021, 19:44
Jokowi pantau vaksinasi
Katadata

Jumlah kasus Covid-19 menunjukkan tren kenaikan sejak masa libur lebaran. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, peningkatan jumlah kasus ini membuat Indonesia berpotensi mengalami lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di India.

Dicky mengatakan, Indonesia saat ini sedang memasuki masa puncak sampai akhir Juni 2021. Potensi puncak ini masih didominasi oleh varian alpha yakni B117. Namun, ia memperkirakan, tidak lama setelah itu, potensi puncak selanjutnya akan terjadi dan didominasi oleh varian delta atau B.1.617.2. "Ini yang menyebabkan kita berpotensi menjadi seperti India," ujar Dicky kepada Katadata, Jumat (11/6).

Dicky mengatakan, hal tersebut bisa dihindari jika semua pihak bekerja sama dan sigap dalam melakukan upaya-upaya pencegahan. Gerakan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun terbukti efektif mencegah penularan virus corona.

Ia mengatakan, upaya yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan meningkatkan sistem deteksi kasus, dengan begitu, potensi adanya penyebaran akan berkurang. “Karena dengan menemukan kasus lebih cepat, kita bisa mengupayakan isolasi dan karantina, termasuk kepada orang-orang yang rentan tertular,” kata dia.

Selain itu, sistem layanan kesehatan juga harus diperkuat, mulai dari kapasitas rumah sakit, tenaga kesehatan, sampai dengan sistem rujukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan, ketika terjadi lonjakan kasus, fasilitas kesehatan yang ada sudah siap dan tidak timbul kekacauan akibat kurangnya persiapan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...