Pertamina Butuh 40 Jam Padamkan Kebakaran Kilang Cilacap

Pingit Aria
13 Juni 2021, 19:30
Api melahap salah satu tangki di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6)
Antara
Api melahap salah satu tangki di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (11/6)

Pertamina berhasil menuntaskan proses pemadaman api di kompleks Kilang Cilacap. Sebelumnya, kebakaran di area 39 tangki Kilang Cilacap terjadi sejak Jumat (11/6) lalu.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Djoko Priyono mengatakan, para perwira Pertamina perlu waktu 40 jam untuk memadamkan api sejak insiden kebakaran tangki berisi Benzene itu terjadi pada Jumat malam.

Advertisement

“Tepat pada hari Minggu, pukul 10.50 WIB, kawan-kawan di Kilang Pertamina Cilacap bisa memadamkan seluruh api yang ada di sekitar tangki area 39. Semua dalam kondisi lancar dan padam,” kata Djoko dalam konferensi pers, Minggu (13/6) siang di Head Office Pertamina RU IV, Cilacap.

Saat ini lanjut Djoko, pihaknya terus memantau kondisi kilang. Upaya pendinginan (cooling) dengan foam di area tangki juga terus dilakukan guna memastikan tidak ada lagi titik api baru.

Menurutnya, temperatur tangki sejak siang tadi stabil pada angka 35 derajat celcius. “Artinya bisa dipastikan dengan tempatur ini tidak ada lagi potensi titik api baru, meskipun kami tetap siaga,” katanya.

Simak Databoks berikut: 

Djoko juga menyatakan bahwa kebakaran di Kilang Cilacap ini tidak berdampak signifikan terhadap konsumen dari kalangan industri Petrokimia. “Seperti penegasan Ibu Nicke Widyawati selaku Dirut Pertamina, insiden ini sejak awal sama sekali tidak berdampak pada operasional kilang maupun distribusi BBM dan Elpiji. Semua aman,” ujarnya.

Pada konferensi pers ini turut hadir Direktur Operasi PT KPI, Yulian Dekri; GM Pertamina Kilang Cilacap, Joko Pranoto; Kajari Cilacap, Tri Ari Mulyanto; Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi; Dandim 0703/Cilacap, Letkol (Inf) Andi Afandi; serta Pasintel Lanal Cilacap, Mayor Laut (E) Sudianto.

Dalam kesempatan yang sama, Djoko yang juga pernah menjabat GM Kilang Pertamina Cilacap ini menyampaikan apresiasi kepada seluruh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cilacap yang mendukung upaya penanganan insiden ini. “Ada Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Danlanal dan Kajari yang selalu memberikan support kepada kami,” tuturnya.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement