Industri Otomotif Sambut Perpanjangan PPnBM 0% Mobil Baru

Cahya Puteri Abdi Rabbi
14 Juni 2021, 19:07
Sejumlah pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Presiden Joko Widodo menyatakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) telah membuat angka p
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Sejumlah pengunjung mengamati mobil yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Presiden Joko Widodo menyatakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) telah membuat angka pesanan pembelian atau "purchase order" mobil hingga pertengahan April 2021 melonjak hingga 190 persen.

Pemerintah memperpanjang diskon 100% Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru hingga Agustus 2021. Sebelumnya, PPnBM 0% untuk penjualan mobil baru tersebut hanya berlaku sampai dengan akhir mei 2021. Kebijakan ini disambut baik oleh para produsen otomotif dalam negeri.

“Saya rasa ini adalah langkah yang tepat agar perkekonomian nasional dapat cepat pulih, salah satunya melalui industri otomotif,” kata Business Innovation and Sales & Sales Marketing Honda Prospect Motors (HPM) Yusak Billy kepada Katadata, Senin (14/6).

Ia pun optimis dengan perpanjangan insentif PPnBM ini, permintaan pemesanan kendaraan akan terus meningkat hingga stabil seperti sebelum pandemi.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi juga menyampaikan hal senada. “Harapan kami, demandnya akan selalu baik. Tentu ini perlu dimonitor lagi realisasinya,” katanya.

Setali tiga uang, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya menyambut baik kebijakan pemerintah untuk memperpanjang diskon PPnBM 100% dalam periode tiga bulan ke depan.

Ia mengatakan, kebijakan diskon PPnBM 100% telah terbukti dapat meningkatkan penjualan pasar otomotif Indonesia, khususnya Daihatsu selama periode tiga bulan sebelumnya, yakni Maret hingga Mei 2021. Sehingga tren positif penjualan otomotif dapat terjaga meski masih dalam situasi pandemi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...