Belum Pulih dari Pandemi Covid-19, India Buka Taj Mahal bagi Turis

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 Juni 2021, 16:13
Rupak De Chowdhuri ARSIP FOTO: Suasana bangunan bersejarah Taj Mahal di Agra, India, Minggu (23/2/2020). Taj Mahal kembali dibuka meski kasus Covid-19 di India masih tinggi.
ANTARA FOTO/Rupak De Chowdhuri/nz/dj
Rupak De Chowdhuri ARSIP FOTO: Suasana bangunan bersejarah Taj Mahal di Agra, India, Minggu (23/2/2020). Taj Mahal kembali dibuka meski kasus Covid-19 di India masih tinggi.

India kembali membuka destinasi pariwisata ikonis, Taj Mahal bagi wisatawan pada Rabu (16/6 ). Langkah itu diambil meski India belum sepenuhnya pulih dari gelombang kedua pandemi Covid-19.

Dilansir Aljazeera, Taj Mahal dibuka kembali setelah India mencabut kebijakan pembatasan dalam upaya membangkitkan ekonomi. Sebelumnya, Taj Mahal ditutup pada awal April saat India memberlakukan lockdown ketat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

Hakim distrik Agra Prabhu Singh mengatakan, hanya 650 pengunjung yang diizinkan masuk ke dalam bangunan Taj Mahal setiap harinya. Monumen yang berada di utara Agra ini biasanya mampu menarik 7- 8 juta pengunjung setiap tahun atau rata-rata 20 ribu orang per hari.

Sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, pengunjung tidak diizinkan untuk menyentuh makam marmer. Meski begitu, pengunjung mengaku tetap senang dapat mengunjungi Taj Mahal.

“Saya sangat senang bisa melihatnya, ini luar biasa,” kata turis Brasil, Melissa Dalla Rossa, dikutip dari Aljazeera pada Kamis (17/6).

Simak Databoks berikut: 

Seorang penjaga toko, Lucky Feizan, menyampaikan, lockdown berdampak luar biasa bagi kehidupannya. Pasalnya, pria berusia 20 tahun ini sangat bergantung pada Taj Mahal sebagai mata pencahariaan mereka. "Ini baru gelombang kedua Covid-19. Bila ada gelombang ketiga, saya selesai,” katanya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...