Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lampaui Target 100 Ribu Orang per Hari

Pingit Aria
18 Juni 2021, 13:01
Petugas medis menyuntikan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur,Kamis (3/6/2021).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menyuntikan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur,Kamis (3/6/2021).

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di DKI Jakarta dapat mencapai 7,5 juta orang pada akhir Agustus 2021. Untuk mencapainya, Pemprov DKI Jakarta harus mengejar target vaksinasi untuk 100 ribu orang per hari.

Target tersebut kini tercapai. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, capaian vaksinasi DKI Jakarta pada Kamis (17/6) sebanyak 102.548 orang. Perlu diketahui, sejatinya ada sebanyak 107.651 orang yang datang ke lokasi vaksinasi kemarin. Namun, ada sekitar 5.000 pendaftar yang harus menunda vaksinasi karena masalah kesehatan.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi antusiasme masyarakat, baik warga ber-KTP DKI Jakarta maupun warga bekerja/bersekolah yang berdomisili DKI Jakarta, dalam mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Tugas kita sekarang adalah mempertahankan angka itu secara konsisten dan bahkan terus meningkatkannya,” kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, pada Jumat (18/6).

Anies juga menjelaskan, Pemprev DKI Jakarta terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan minat masyarakat divaksinasi. Pemprov DKI Jakarta juga melakukan beberapa pendekatan sebagai strategi percepatan serbuan vaksinasi di Ibu Kota, sebagai berikut:

Pendekatan Berbasis Komunitas

  • Pengerahan asosiasi informal dan sektor ekonomi tertentu, seperti asosiasi dan paguyuban
  • Percepatan komunitas besar besar seperti rusun dan apartemen
  • Pengelolaan kelompok khusus, seperti kelompok penyandang cacat dan orang terlantar

Berbasis tempat kerja/institusi pendidikan/institusi lainnya

  • Vaksinasi di kantor/perusahaan
  • Vaksinasi di lembaga pendidikan
  • Vaksinasi di lembaga permasyarakatan

Berbasis tempat umum

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...