Pendaftaran Segera Dibuka, Ini Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2021

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 Juni 2021, 16:19
tes cpns 2021, tes cpns, cpns 2021, soal tes cpns 2021
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil di Serang, Banten, Kamis (1/10/2020). Seleksi SKB CPNS formasi tahun 2019 tersebut diikuti 473 orang dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 akan segera dibuka dalam waktu dekat. Meski belum ditetapkan tanggal pasti, calon peserta tetap bisa mempersiapkan diri. Seperti apa soal tes CPNS 2021 tersebut?

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan calon peserta, yakni dengan latihan untuk menjalani tes seleksi, baik Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Mengutip PermenPANRB Nomor 27 Tahun 2021, SKD adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia.

“SKD dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN dan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” demikian tertulis dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, dikutip Jumat (18/6).

Adapun materi dari tes seleksi kompetensi dasar (SKD) sebagai berikut:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan:

- Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

-Integritas, dengan tujuan mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

- Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

- Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai perbandingan, berikut adalah Databoks penerimaan CPNS 2019: 

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...