Penggumpalan Darah Akibat Rokok Lebih Tinggi dari Vaksin AstraZeneca

Rizky Alika
18 Juni 2021, 18:22
vaksin astrazeneca, vaksin penggumpalan darah, efek vaksin
ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.
Petugas menyiapkan vaksin COVID-19 AstraZeneca saat vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) dan pedagang pasar di balai Kelurahan Nambangan Lor, Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (9/6/2021).

Pemerintah memastikan vaksin Oxford-AstraZeneca aman untuk digunakan. Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sebuah penelitian menunjukkan risiko penggumpalan darah setelah divaksin AstraZeneca hanya 4:1 juta.

"Jadi setelah suntik 1 juta orang, baru dapat 4 orang yang mengalami penggumpalan darah," kata Nadia dalam Katadata Forum Virtual Series Amankah Vaksin AstraZeneca untuk Gen-Z dan Milenial?, Jumat (18/06).

Menurutnya, risiko itu jauh lebih rendah dibandingkan perokok aktif dan pengguna pil KB. Risiko penggumpalan darah pada orang yang merokok mencapai 2 ribu kejadian per 1 juta penduduk. Sementara, pengguna pil KB memiliki risiko penggumpalan darah 500 kejadian per 1 juta orang.

Hal itu menunjukkan, risiko kematian akibat penggumpalan darah akibat vaksin AstraZeneca jauh lebih rendah dibandingkan kematian akibat Covid-19 itu sendiri. "Manfaat vaksin jauh lebih besar," ujar dia.

Meski begitu, ia tetap mengakui ada efek setelah vaksinasi. Namun, efek samping itu bisa dicegah apabila ditangani dengan segera.

Selama ini, masih ada sejumlah orang yang terlambat melaporkan efek samping yang dialami setelah vaksinasi. Nadia pun mengingatkan, orang yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) perlu segera mengonsumsi obat sesuai dengan gejala yang dialami, seperti penurun demam hingga pereda sakit kepala. "Kalau masih tidak tahan, langsung ke fasilitas kesehatan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...