RSCM Nyaris Penuh, 93,06% Ruang Rawat Pasien Covid-19 Telah Terisi

Pingit Aria
18 Juni 2021, 20:13
pasien covid, rumah sakit covid, ruang rawat covid, rscm, pasien covid rscm, bor rumah sakit, covid-19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Senin (8/2/2021). Kasus Covid-19 terus meningkat di Jakarta hingga RSCM nyaris penuh.

Penularan virus corona di Indonesia, terutama Ibu Kota Jakarta tengah melonjak dalam beberapa hari terakhir. Pada Jumat (18/6), tingkat keterisian ruang rawat Covid-19 di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Salemba pun mencapai 93,06% dari total kapasitas ruang rawat pasien virus corona.

"Kapasitas hari ini, untuk pasien Covid-19 sebanyak 173 tempat tidur. Jumlah pasien yang dirawat 161," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSCM Sumariyono kepada Katadata.co.id, Jumat (18/6).

Advertisement

Ruangan tersebut sudah mencakup ruang intensive care untuk dewasa, anak, dan bayi. Adapun, ruang intensif telah terisi 37 tempat tidur dari kapasitas 41 tempat tidur.

Sumariyono menyatakan, RSCM berencana untuk menambah jumlah tempat tidur secara bertahap. "Bertahap sesuai dengan penambahan sumber daya manusia," ujar dia.

Dari jumlah pasien tersebut, RSCM tengah melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing untuk 10 pasien. Pasien tersebut dinilai memiliki indikasi tertular virus Covid-19 mutasi yang diwaspadai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Adapun, indikasi tersebut seperti tertular Covid-19 meskipun telah divaksinasi lengkap.

"Kami belum tahu apakah ada varian baru. Namun kami tetap berhati-hati dan tetap memeriksa pasien yang dicurigai," katanya.

Sebagaimana diketahui, lonjakan kasus Covid-19 juga berimbas pada membeludaknya pasien di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran. Pemerintah pun memperbanyak kapasitas tempat tidur dan petugas kesehatan untuk menanganinya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement