Kemenkes: 80% Pasien di Wisma Atlet Belum Disuntik Vaksin Covid-19

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 Juni 2021, 13:23
Sejumlah pasien positif COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Data Kementerian Kesehatan, mayoritas pasien ini belum menerima vaksin Covid-19.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sejumlah pasien positif COVID-19 berolahraga di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). Data Kementerian Kesehatan, mayoritas pasien ini belum menerima vaksin Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, sebanyak 80% pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet belum disuntik vaksin virus corona. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, laporan itu diterima Kemenkes dua pekan lalu.

"Di Wisma Atlet itu yang dirawat 80% belum divaksinasi, yang sudah divaksinasi itu 20%. Di antara mereka yang sudah divaksin, sebanyak 60% baru menerima dosis pertama, dan sisanya sudah dosis dua," kata Maxi dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Rabu (23/6).

Melihat temuan itu, Maxi megingatkan, bahwa vaksin memiliki manfaat untuk mengurangi tingkat keparahan gejala Covid-19. "Jadi vaksinasi ini sudah membuktikan bahwa juga menurunkan angka kesakitan dan angka kematian," kata dia.

Lebih lanjut, Maxi juga menyoroti mutasi virus SARS-CoV-2 yang sudah mulai banyak terdeteksi di Indonesia berpotensi memiliki tingkat penularan yang tinggi dan sangat cepat. Ia mengatakan, varian delta B1617 cenderung ditemukan pada pasien terpapar covid-19 dengan usia di bawah 18 tahun.

Namun demikian, Maxi menyebut, belum ada gejala khusus yang membedakan antara seseorang yang terpapar virus corona biasa atau dengan varian delta.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...