Oksigen Rumah Sakit Terbatas, Gas Industri Dialihkan untuk Medis

Rizky Alika
25 Juni 2021, 15:14
Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di Banda Aceh, Aceh, Selasa (18/5/2021). Peningkatan kasus COVID-19 di Provinsi Aceh yang terjadi sejak dua bulan terakhir juga berdampak meningkatnya permintaan oksigen hingga 30 persen perhari u
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/hp.
Pekerja mengisi ulang tabung oksigen untuk kebutuhan medis di Banda Aceh, Aceh, Selasa (18/5/2021). Peningkatan kasus COVID-19 di Provinsi Aceh yang terjadi sejak dua bulan terakhir juga berdampak meningkatnya permintaan oksigen hingga 30 persen perhari untuk memenuhi kebutuhan ruang rawat pinere Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Kapasitas oksigen untuk pasien di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 sempat menipis. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun memastikan stok oksigen mencukupi lantaran pemerintah telah mendapatkan komitmen pengalihan oksigen untuk industri menjadi penggunaan medis.

"Oksigen yang ada itu cukup," Budi dalam konferensi pers virtual di kantornya, Jumat (25/5).

Advertisement

Menurutnya, kapasitas produksi oksigen untuk industri mencapai 75% atau 476.213 ton per tahun. Sementara, kapasitas produksi oksigen untuk medis mencapai 156.188 ton atau mencapai 25% dari total kapasitas produksi oksigen.

Untuk itu, para produsen oksigen telah berkomitmen mengalihkan 75% kapasitas oksigen industri menjadi oksigen medis. Sedangkan, produksi oksigen industri akan diisi oleh perusahan oksigen asing.

Adapun, pabrik oksigen di Tanah Air saat ini sebanyak 9 pabrik. Sebanyak 4 pabrik berada di Jawa Barat, 1 pabrik di Jawa Tengah, dan 4 pabrik di Jawa Timur.

Budi pun telah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) untuk memastikan pasokan listrik tersedia secara konsisten bagi seluruh pabrik oksigen di Jawa. Dengan demikian, para pabrik bisa memproduksi oksigen secara maksimal.

Selain itu, Mantan Dirut Bank Mandiri itu juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk memastikan logistik oksigen aman. "Tidak ada gangguan, tidak ada masalah ODOL (Over Dimension Over Load), aman untuk angkut oksigen," katanya.

Berikut Databoks peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia: 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement