Kasus Covid-19 Tinggi, Bali Tetap Dibuka untuk Turis Asing?

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Juni 2021, 18:55
Dua anak turis menikmati suasana saat mengunjungi di Pantai Sindhu, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (9/6/2021). Pemerintah Kota Denpasar akan melakukan sales mission atau promosi pariwisata secara daring pada akhir bulan Juni 2021 untuk memperkenalkan dan men
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Dua anak turis menikmati suasana saat mengunjungi di Pantai Sindhu, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (9/6/2021). Pemerintah Kota Denpasar akan melakukan sales mission atau promosi pariwisata secara daring pada akhir bulan Juni 2021 untuk memperkenalkan dan mengingatkan destinasi wisata yang ada di Denpasar kepada wisatawan mancanegara dalam persiapan menuju kawasan zona hijau bebas COVID-19.

Untuk memulihkan pariwisata, pemerintah sempat berencana untuk membuka Bali bagi turis asing pada akhir Juli 2021. Di tengah tren kenaikan kasus Covid-19, apakah rencana tersebut akan tetap dijalankan?

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mempersiapkan finalisasi terkait rencana pembukaan pengaturan koridor perjalanan atau travel corridor arrangement (TCA) di Bali.

Advertisement

Namun, rencana dibukanya Bali untuk wisatawan mancanegara pada akhir bulan Juli 2021 masih menunggu kepastian. “Memang kasus Covid-19 meningkat, tapi tidak berarti kita berhenti mempersiapkan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (28/6).

Salah satu yang disiapkannya adalah bagaimana memberlakukan end-to-end CHSE bagi setiap wisatawan asing sejak kedatangan hingga kepulangannya. CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan).

Sandiaga menambahkan, pihaknya akan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 untuk meningkatkan koordinasi di level Menteri mengenai pembahasan TCA di Bali. Hasil koordinasi tersebut nantinya akan dibawa ke Presiden Jokowi untuk keputusan akhir setelah keadaan Covid-19 telah kondusif.

Simak Databoks berikut: 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement