Cegah Penularan Covid-19, Kemenhub Lanjutkan Tes Acak Penumpang KRL

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Juni 2021, 14:27
Petugas melakukan tes cepat antigen kepada calon penumpang kereta listrik (KRL) di Stasiun Tangerang, Banten, Senin (21/6/2021). PT Kereta Commuter Indonesia melakukan tes antigen acak bagi calon penumpang KRL di enam stasiun di Jabotabek seiring meningka
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas melakukan tes cepat antigen kepada calon penumpang kereta listrik (KRL) di Stasiun Tangerang, Banten, Senin (21/6/2021). PT Kereta Commuter Indonesia melakukan tes antigen acak bagi calon penumpang KRL di enam stasiun di Jabotabek seiring meningkatnya kasus COVID-19 di wilayah Jakarta dan sekitarnya. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.\

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan kepada PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter untuk melanjutkan pengetesan secara acak terhadap calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek. Langkah ini diambil guna mencegah penularan virus corona di KRL.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada penumpang KRL bahwa yang menaiki KRL adalah mereka yang benar-benar dalam kondisi sehat di tengah adanya peningkatan kasus Covid-19,” jelas Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Senin (28/6).

Advertisement

Sebelumnya pada 19 Juni 2021 lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginstruksikan kepada jajaran PT KAI dalam hal ini KAI Commuter untuk melakukan tes acak kepada calon penumpang KRL Jabodetabek.

Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan dan adanya varian baru virus dengan tingkat penularan yang lebih tinggi. Sementara, dilaporkan jumlah pengguna KRL Jabodetabek terus meningkat mencapai 400-500 ribu orang per hari.

“Kami mengapresiasi pihak KAI Commuter yang telah melaksanakan rapid test antigen secara acak kepada calon penumpang KRL Jabodetabek di enam stasiun yaitu Stasiun Manggarai, Tanah Abang, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Cikarang, sejak 21 Juni 2021 lalu,” ujarnya.

Simak Databoks berikut: 

Berdasarkan data dari KAI Commuter, dari hasil tes acak yang dilakukan sejak 21 Juni hingga 27 Juni 2021 di enam stasiun. Selama itu, tercatat sekitar 912 calon penumpang KRL telah dites menggunakan rapid antigen.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement