6 Tips Transaksi Aman untuk Pemburu Diskon Harbolnas

Pingit Aria
12 Desember 2019, 05:45
Ilustrasi Harbolnas 2016
Arief Kamaludin|Katadata

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 telah datang. Ada ratusan toko online berpartisipasi dalam pesta belanja online terbesar di Indonesia ini. Semuanya akan menawarkan diskon berbagai promo lain. Namun, Anda harus tetap berhati-hati.

Kalap saat Harbolnas bisa mengganggu kondisi keuangan Anda pada hari-hari, bahkan berbulan-bulan ke depan. Terlebih, beberapa e-commerce menawarkan fasilitas paylater yang membuat Anda harus membayar cicilan.

Dikutip dari keterangan tertulis dari CupoNation, Rabu 11 Desember 2019, ada tujuh tips yang dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan maksimal, tanpa mengganggu kondisi finansial:

Pertama, pasang pengingat atau reminder. Dengan memasang pengingat, Anda bisa mendapatkan produk dengan harga terbaik saat Harbolnas. Fitur ini juga membuat peluang Anda lebih besar untuk memenangkan persaingan saat flash sale.

Keduamanfaatkan fitur preview, review dan wishlist. Sebelum Harbolnas, tak ada salahnya Anda menggunakan fitur-fitur ini sebelum memutuskan untuk bertransaksi.

(Baca: Asal-usul Harbolnas, Festival Belanja 12.12 yang Masuki Tahun ke-8)

Fitur preview bisa Anda gunakan untuk memastikan item yang Anda minati dalam kondisi baik. Anda juga bisa membaca review dari konsumen lain atas kualitas, pengemasan, sampai pengiriman barang tersebut.

Kemudian, Anda dapat memasukkan barang-barang tersebut dalam daftar wishlist. Wishlist juga akan mempermudah kamu untuk memantau harga sebelum dan saat pesta belanja Harbolnas berlangsung.

Ketigapantau promo sejak dan hingga pergantian hari. Ingat, Harbolnas berlangsung selama 24 jam. Beberapa e-commerce menggelar flash sale pada jam-jam sepi untuk menjaga volume transaksi tetap tinggi. Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan tawaran terbaik.

Keempat, pastikan barang memiliki sistem retur. Opsi ini bisa mempermudah Anda untuk mengembalikan barang yang telah dibeli. Kekurangan dari transaksi online adalah pembeli tak bisa mengecek langsung barang yang dipesan. Sedangkan, produsen cenderung menawarkan potongan harga yang besar untuk cuci gudang sebelum pergantian tahun.

(Baca: 11 Tips Berburu Diskon hingga Belanja Hemat Saat Harbolnas)

Jika barang yang dibeli memiliki kekurangan atau tidak sesuai dengan harapan, sistem retur akan memberikan kesempatan untuk mengembalikan produk untuk diganti dengan produk lain atau uang tunai. Sistem retur juga dapat memberikan kesempatan untuk mengembalikan barang jika pembeli berubah pikiran.

Beberapa situs yang dilengkapi dengan sistem retur diantaranya adalah Lazada, Shopee dan Tokopedia.

Advertisement

Kelima, batasi transaksi di nominal tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengelola pengeluaran saat musim diskon. Batasi transaksi online banking dan melalui kartu ATM pada nominal tertentu. Dengan begitu, Anda tak akan kalap berbelanja.

Keenam, cermat dengan promo tambahan. Beberapa platform e-commerce biasanya menawarkan promo tambahan dengan kode voucher tertentu. Potongan harga tambahan juga bisa Anda dapat melalui bank atau penyedia jasa pembayaran yang bekerja sama dengan pemilik toko online. Begitu juga beberapa penyedia jasa logistik menyediakan penawaran menarik, termasuk  pengiriman pada hari yang sama. Pastikan Anda memanfaatkannya semaksimal mungkin.

(Baca: Ada Mitra Baru, Target Harbolnas 2019 Melejit Jadi Rp 8 Triliun)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait