Semarak 9.9 dan Dimulainya Pesta Belanja Online Akhir Tahun

Pingit Aria
9 September 2019, 17:34
pesta belanja online, harbolnas, Shopee, Lazada, diskon belanja online
Shopee
Peresmian kampanye 9.9 Super Shopping Day 2019.

Hari ini menandai dimulainya rangkaian pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Perusahaan-perusahaan e-commerce akan berlomba menggelar pesta diskon setiap tanggal cantik, dari 9.9 Super Shopping Day, kemudian 10.10, Single’s Day pada 11.11, hingga puncaknya Harbolnas pada 12.12.

Shopee misalnya, menyiarkan secara langsung acara puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day di RCTI dan MNC TV. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Brand Ambassador Shopee Cristiano Ronaldo, serta beberapa artis Indonesia seperti Syahrini, Noah, Ayu Ting Ting, Vanessa Angel, BCL, Demian, Gading Marten, Sophia Latjuba, Gisella Anastasia, dan Wijaya Saputra (Wijin).

Hingga penghujung tahun, beragam program promosi, potongan harga, hingga cashback yang ditawarkan platform e-commerce memang menarik masyarakat untuk berbelanja. Survei Shopback menyebut, sebanyak 2/3 dari 5100 responden berencana berbelanja pada festival belanja online tahun ini ketimbang tahun lalu.

Berdasarkan survei yang digelar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar ini, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp 500.001- Rp 1.500.000 untuk tiap ajang. Selain itu, sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000.

(Baca: Marak Bisnis Jasa Titip, dari Instagram hingga Aplikasi Tersendiri)

Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 2.105.811 sepanjang rangkaian pesta belanja online akhir tahun.

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia.

Tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku niaga daring, di mana rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa. “Tahun ini pun ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...