Semarak 9.9 dan Dimulainya Pesta Belanja Online Akhir Tahun

Pesta belanja online akhir tahun akan digelar setiap tanggal cantik dari bulan September hingga Desember.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
9 September 2019, 17:34
pesta belanja online, harbolnas, Shopee, Lazada, diskon belanja online
Shopee
Peresmian kampanye 9.9 Super Shopping Day 2019.

Hari ini menandai dimulainya rangkaian pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Perusahaan-perusahaan e-commerce akan berlomba menggelar pesta diskon setiap tanggal cantik, dari 9.9 Super Shopping Day, kemudian 10.10, Single’s Day pada 11.11, hingga puncaknya Harbolnas pada 12.12.

Shopee misalnya, menyiarkan secara langsung acara puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day di RCTI dan MNC TV. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Brand Ambassador Shopee Cristiano Ronaldo, serta beberapa artis Indonesia seperti Syahrini, Noah, Ayu Ting Ting, Vanessa Angel, BCL, Demian, Gading Marten, Sophia Latjuba, Gisella Anastasia, dan Wijaya Saputra (Wijin).

Hingga penghujung tahun, beragam program promosi, potongan harga, hingga cashback yang ditawarkan platform e-commerce memang menarik masyarakat untuk berbelanja. Survei Shopback menyebut, sebanyak 2/3 dari 5100 responden berencana berbelanja pada festival belanja online tahun ini ketimbang tahun lalu.

Berdasarkan survei yang digelar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar ini, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp 500.001- Rp 1.500.000 untuk tiap ajang. Selain itu, sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000.

(Baca: Marak Bisnis Jasa Titip, dari Instagram hingga Aplikasi Tersendiri)

Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 2.105.811 sepanjang rangkaian pesta belanja online akhir tahun.

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia.

Tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku niaga daring, di mana rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa. “Tahun ini pun ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya.”

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli di platform online. Menilik dari hasil survei yang dilakukan ShopBack, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan. 

(Baca: Riset: Rerata Konsumen Indonesia Belanja Rp 3,9 Juta di E-commerce)

Selain itu, berdasarkan survei ini juga, Harbolnas menduduki peringkat pertama festival belanja online yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia, diikuti oleh 9.9 Super Shopping Day di peringkat kedua.

Harbolnas memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Harbolnas biasanya diikuti ratusan platform e-commerce dengan banyak promo-promo menarik, termasuk potongan harga hingga 90%.

Sedangkan Single’s Day yang merupakan salah satu pesta belanja online terbesar di Asia, justru tak terlalu populer di sini. Dipelopori oleh Alibaba, beberapa platform e-commerce pun turut meramaikan festival ini, meski dengan nama lain. Lazada misalnya memilih menggunakan nama Online Revolution dari 2012 hingga 2017.

Untuk mengikuti beragam informasi seputar pesta belanja online akhir tahun, Anda dapat menggunakan aplikasi ShopBack. Di sana, ada fitur ShopBack ShopFest untuk mengeksplorasi beragam promo dan diskon dari e-commerce selama 4 bulan, pada 9 September hingga 30 Desember 2019.

(Baca: Daftar Pesta Belanja Online yang Sayang Dilewatkan Jelang Akhir Tahun)

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait