Bos Softbank Bertemu Jokowi Senin Pekan Depan, Apa yang Ditawarkan?

Softbank adalah investor startup digital dari Jepang. Di Indonesia, Softbank telah turut mendanai Grab hingga Tokopedia.
Michael Reily
27 Juli 2019, 13:53
Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo memberikan keterangan usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7/2019).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo memberikan keterangan usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Chairman Softbank Masayoshi Son bakal datang ke Indonesia, Senin (29/7). Menurutnya, pemerintah akan menawarkan beragam proyek di Tanah Air untuk investor asal Jepang tersebut.

Luhut pun membeberkan rencana perjalanan Masayoshi Son di Indonesia. "Nanti Senin, saya makan pagi sama dia, setelah itu kami ke Presiden (Joko Widodo)," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (26/7) malam.

Luhut mengaku bakal mengajukan beberapa startup digital Indonesia yang siap menerima suntikan modal. Softbank adalah investor Grab. Selain itu, Softbank mendanai startup nasional seperti Tokopedia, Ajaib, Alodokter, dan CoHive.

Menurut Luhut, perkembangan bisnis teknologi digital di Tanah Air menarik untuk para investor. Softbank pun menyuntikkan modal lewat Softbank Vision Fund.

(Baca: William Tanuwijaya: Indonesia Kekuatan Ekonomi Digital Terbesar ASEAN)

Softbank Vision Fund menyiapkan modal sebesar US$ 108 miliar atau sekitar Rp 1.512 triliun untuk startup digital di seluruh dunia. Berapa yang akan digelontorkan di Indonesia?  "Kita lihat lah," kata Luhut.

Kedatangan Bos Softbank Masayoshi Son untuk bertemu Jokowi lebih cepat daripada jadwal yang Luhut sampaikan awal bulan Juli ini. Pada 2 Juli 2019, Luhut mengungkapkan pertemuan bakal terjadi pada bulan depan, tepatnya 12 hingga 14 Agustus 2019.

Saat itu, Luhut juga mengungkapkan bakal mengedepankan perusahaan teknologi. Dia mengemukakan startup sektor perikanan seperti Aruna dan Fish On.

(Baca: Investor Grab, Softbank Bakal Bertemu Jokowi pada Agustus)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait