Traveloka Luncurkan 12 Fitur untuk Milenial Pemburu Kesenangan

Menurut survei, milenial lebih senang membelanjakan uangnya untuk pengalaman baru ketimbang membeli barang.
Image title
20 Juni 2019, 17:48
Traveloka
Katadata

Traveloka mengembangkan 12 kategori layanan terbarunya di bidang gaya hidup dan liburan melalui fitur Traveloka Xperience. Keberadaan 12 fitur baru yang terintegrasi itu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, terutama generasi milenial.

CEO Traveloka Experience Christian Suwarna mengutip riset Haris Group yang menyebut, lebih dari 70% milenial lebih suka membelanjakan uang mereka untuk sebuah pengalaman daripada benda. Mereka lebih cenderung mencari pengalaman seperti pergi ke konser, mendaki gunung, naik rollercoaster di taman hiburan, dibandingkan membeli mobil, rumah, ataupun pakaian.

Selain itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat bahwa sejak 2015 hingga 2017 secara statistik rata-rata biaya hiburan (per kapita per bulan) naik 30,96 %. Fenomena pergeseran pola konsumsi ke arah leisure economy ini terjadi di hampir semua negara pada masyarakat kelas menengah, termasuk Indonesia.

(Baca: Pendapatan Traveloka dari Jual Tiket Pesawat ke Luar Negeri Naik 70%)

Berkaca dari hal itu, Traveloka Xperience berusaha menjadi jawaban atas kebutuhan para milenial. “Sehingga kami memiliki misi untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih dari sekadar bepergian lewat layanan terbaru kami,” ujar Christian dalam peluncuran Traveloka Xperience, Kamis (20/60).

Ia menjelaskan, layanan Traveloka Xperience menyediakan beragam inventori terkurasi dengan 15 ribu inventori pilihan aktivitas liburan dan gaya hidup di 60 negara.

Head of Xperience Product Marketing Traveloka Terry Santoso menyebut, Traveloka Xperience memiliki 12 kategori, mulai dari layanan atraksi, tur, spa & kecantikan, event, bioskop, makanan dan minuman, olahraga, kursus & workshop, transportasi, pelengkap travel, taman bermain, dan hiburan.

Ia melanjutkan, layanan tersebut juga menyediakan rekomendasi aktivitas liburan dan gaya hidup yang sesuai dengan lokasi maupun destinasi pengguna. Menurutnya, Traveloka Xperience tak hanya mempermudah pengguna dalam memasuki area wisata dan aktivitas, melainkan juga membantu mitra bisnisnya. Pengelola tempat wisata misalnya, dapat mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menunjang pelayanannya.

(Baca: Ketimbang IPO, Traveloka Fokus Kembangkan Aplikasi)

Untuk menarik pengguna, Traveloka Xperience juga memberikan berbagai penawaran menarik mulai dari atraksi wahana dalam negeri hingga mancanegara. Dalam menyambut ulang tahun DKI Jakarta ke-492 misalnya, Traveloka akan memberikan diskon mulai dari 49% pada 21-23 Juni 2019 untuk inventori selain konser dan bioskop di seluruh wilayah Jabodetabek.

Adapun, saat ini Traveloka telah diunduh lebih dari 40 juta kali dengan lebih dari 35 juta pengguna aktif bulanan. Unicorn asal Indonesia ini juga telah melakukan ekspansi ke 6 negara di Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Australia.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait