Transaksi Shopee Melonjak 300% Selama Ramadan

Produk yang paling banyak dibeli meliputi kategori kecantikan, busana muslim, peralatan rumah, handphone dan aksesoris, serta otomotif.
Image title
30 Mei 2019, 15:04
(Kiri ke kanan) Natasha Rizky, Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar, dan Peneliti INDEF Nailul Huda
Shopee
(Kiri ke kanan) Natasha Rizky, Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar, dan Peneliti INDEF Nailul Huda

Shopee mencatatkan peningkatan transaksi hingga 300% selama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu. Tingginya transaksi tersebut terlihat dari peningkatan trafik di aplikasinya yang mencapai dua kali lipat.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, peningkatan transaksi tersebut didukung oleh Tunjangan Hari Raya (THR) dan program diskon Big Ramadhan Sale. “Ini mencatatkan rekor terbaru penjualan Shopee,” ujar Handhika seperti dikutip dalam siaran pers, Rabu (30/5).

Ia menjelaskan, Shopee juga mengamati beberapa fakta menarik tentang perilaku belanja pengguna selama Ramadan kali ini. Tercatat, kategori terfavorit di platformnya yakni tentang kecantikan, busana muslim, peralatan rumah, handphone dan aksesoris, serta otomotif.  

“Menariknya, otomotif adalah kategori yang terlihat peningkatannya karena semakin banyak orang beralih ke Shopee untuk mencari aksesori mobil,” ujarnya. 

(Baca: 56% Pengguna Internet Indonesia Belum Pernah Bertransaksi E-Commerce)

Dalam kesempatan yang sama, Shopee juga mengumumkan total zakat dan donasi yang telah dikumpulkan di platformnya mencapai Rp 351.162.066  sejak fitur tersebut diluncurkan pada April hingga 29 Mei 2019. Dana tersebut akan disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Parongpong.

Sebagian dari total donasi yang terkumpul digunakan oleh BAZNAS untuk mendukung program ‘Hidangan Berkah Ramadhan’ dengan berbagi hidangan sehat bagi mustahik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Sedangkan, sebagiannya lagi disalurkan untuk program 'Zero Waste to Landfill'  bersama Parongpong untuk mengelola sampah selama bulan Ramadhan yang ada di beberapa masjid Jakarta dan Bandung.

Kepala Program Layanan Aktif BAZNAS Iskandar Darussalam mengatakan, lembaganya telah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadan tahun lalu.  Ia menjelaskan, dalam penyaluran bantuan tersebut lembaganya langsung mendatangi lokasi di mana masyarakat yang membutuhkan tersebut berada.

"Kami sangat senang dapat memudahkan lebih banyak masyarakat Indonesia yang ingin berzakat dan berdonasi selama Ramadan kali ini melalui Shopee," ujar Iskandar.

(Baca: Riset: Mayoritas Konsumen Pakai THR untuk Belanja di E-commerce)

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait