Data Criteo: Ramadan Tingkatkan Penjualan E-Commerce

Cindy Mutia Annur
23 April 2019, 17:52
Telaah - E-commerce
Stanisic Vladimir/123rf

Perusahaan teknologi pemasaran niaga Criteo menyebut bahwa penjualan e-commerce meningkat selama Ramadan di Indonesia dan Malaysia. Peningkatan transaksi ter jadi pada situs mobile, desktop, maupun aplikasi.

Pada Ramadan tahun lalu, peningkatan penjualan melalui situs mobile di Indonesia dan Malaysia mencapai 69%, dibandingkan penjualan pada desktop  yang mencapai 53 %, dan penjualan di aplikasi sebesar 41%.  

Managing Director SEA Pacific Criteo Alban Vilani mengatakan, penjual harus memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik konsumennya. Menurutnya, penjual harus mulai menjangkau pembeli pada dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan.

“Jadi, Ramadan bukan hanya momen membeli barang-barang untuk dekorasi rumah, tetapi juga momen untuk membelikan hadiah bagi keluarga dan kerabat mereka,” ujar Alban di Menara Sentraya, Jakarta, Selasa (23/4).

Criteo menyebut, kinerja penjualan online di wilayah Malaysia dan Indonesia selama Ramadhan tahun lalu, yakni pada 15 Mei sampai 14 Juni 2018. Tercatat, penjualan retail online menanjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan sampai Idul Fitri, yakni pada 15 Juni 2018. 

(Baca: Rilis ByMe, Tokopedia Gaet 13 Influencer untuk Rekomendasikan Produk)

Sementara, di Indonesia sendiri terjadi peningkatan sebesar 105% dalam penjualan retail online pada Juni 2018. Gabungan presentasi di kedua negara tersebut terjadi peningkatan penjualan retail online hingga 57 % pada 4 Juni 2018.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...