Twitter Rekam 1,5 Juta Cuitan Terkait Debat Capres Putaran Kedua

Jumlah cuitan di Twitter terkait debat capres putaran kedua lebih banyak ketimbang yang pertama.
Cindy Mutia Annur
18 Februari 2019, 18:41
Debat Capres II
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Debat calon presiden (Capres) putaran kedua yang digelar pada Minggu (17/2) ramai diperbincangkan di media sosial. Setidaknya, tercatat 1,5 juta cuitan di Twitter terkait debat yang membahas tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur tersebut.

Twitter adalah platform di mana percakapan politik terjadi secara real time. Namun, sementara debat dimulai pada pukul 20.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00-23.00, dengan hampir 290 ribu cuitan per menit.

“Masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru dunia pun memusatkan perhatian mereka ke Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi pada #DebatPilpres2019,” ujar Twitter Indonesia dalam siaran persnya, Senin (18/2).

(Baca: Jokowi Direspons Positif Warganet, Kuasai Semua Segmen di Debat Capres)

Advertisement

Beberapa tagar mewarnai linimasa dan percakapan Twitter selama acara debat berlangsung. Di antaranya; #DebatPintarJokowi #PrabowoMenangDebat #DebatPilpres2019 #DebatSebel #CurhatPilpres2019 # DebatKeduaPilpres2019 #Debat02PrabowoMenang #NewEraPrabowoSandi #JokowiOrangnyaBaik #DebatCapres.

Tak hanya membicarakan isu-isu terkini, netizen juga ramai melontarkan berbagai komentar dan meme kocak terkait momen-momen menarik saat debat. “Cuitan-cuitan menghibur dan mengundang tawa pun terangkum dalam tagar #DebatSebel dan #CurhatPilpres2019.” tutur Twitter Indonesia.

Debat Kedua Pilpres yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, merupakan salah satu bagian dari lima rangkaian acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebagai informasi, Debat Pilpres 2019 akan diadakan lima kali, yakni pada; 17 Januari 2019, 17 Februari 2019, 17 Maret 2019, 30 Maret 2019, sementara debat terakhir masih belum ditentukan jadwalnya.

(Baca: Awal Mula Istilah Unicorn dalam Debat Capres Jokowi dan Prabowo)

Sebelumnya, Debat Pilpres pertama pada 17 Januari lalu, juga ramai diperbincangkan oleh netizen di Twitter. Namun, hanya menghasilkan 1,3 juta cuitan melalui tagar #DebatPilpres2019

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait