Bersaing dengan Go-Food, GrabFood Ingin Kuasai Pasar Indonesia

Desy Setyowati
6 Februari 2019, 16:00
Grab
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Driver Grab memarkirkan motornya di parkiran khusus Grab , Mall FX, Jakarta Selatan (22/11).

Layanan pesan-antar makanan milik Grab, GrabFood berharap mengalahkan Go-Food milik Gojek dan menguasai pasar pesan antar makanan di Tanah Air. Salah satu caranya, dengan meningkatkan jumlah kemitraan.

Hari ini, GrabFood menggandeng Maxx Coffee untuk layanan pesan-antar. "Kami ingin menjadi pemimpin di layanan makanan dan minuman pada tahun ini," kata Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Rabu (6/2).

Advertisement

Setidaknya ada tiga strategi GrabFood untuk mencapai target tersebut, yakni fokus pada kualitas, kecepatan, dan berusaha menghadirkan mitra lokal yang menjadi kesukaan konsumen di Indonesia. Untuk itu, GrabFood bakal memperbanyak mitra.

Kontribusi mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap total transaksi Grab Food mencapai 80%. "Secara nasional ayam geprek itu favorit. Tapi setiap kota kan berbeda. Bagaimana kami bekerja sama dengan mitra yang menjadi favorit masyarakat lokal," ujar dia.

(Baca: Gandeng Grab, Maxx Coffee Rilis Menu Khusus untuk GrabFood)

Sepanjang 2018, ia menyebutkan bahwa jumlah mitra tumbuh delapan kali lipat dibanding tahun sebelumnya, menjadi ratusan ribu mitra. "Pendapatan mitra naik 88% setelah bergabung," kata dia. Apalagi, transaksi GrabFood tercatat naik enam kali lipat dibanding 2017.

Alhasil, pendapatan mitra pengemudi Grab juga diklaim meningkat sekitar 40% secara keseluruhan di 2018.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement