Survei Booking.com Sebut Orang Indonesia Berwisata Demi Gengsi
Riset dari penyedia layanan perjalanan berbasis online Booking.com menyebutkan, 75% masyarakat Indonesia bepergian karena alasan status sosial. Mereka ingin bepergian ke tempat yang belum dikunjungi oleh temannya.
Riset ini dilakukan Booking.com terhadap 1.989 wisatawan Indonesia. Alasan serupa juga diungkapkan oleh wisatawan asal India sebanyak 75% dan Filipina 80%.
Meski begitu, di tempat wisata, 90% wisatawan Indonesia ingin meluangkan waktu untuk bersantai. Selain beristirahat, mereka ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, menemukan sensasi dan kegembiraan, serta mencari pengalaman baru.
Setidaknya ada lima faktor yang menjadi pertimbangan wisatawan Indonesia dalam memilih tujuan wisata. Di antaranya kebersihan; keindahan alam; keamanan pribadi; kuliner; serta, warga lokal yang menarik dan ramah.
(Baca: Dorong Pariwisata, Pemerintah Genjot Infrastruktur Labuan Bajo)
Selain di dalam negeri, negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia adalah Singapura; Malaysia; Macau; Hong Kong; Jepang; Tiongkok; Maldives; Nepal; dan, Myanmar.