Survei Booking.com Sebut Orang Indonesia Berwisata Demi Gengsi

Orang Indonesia cenderung memilih destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi temannya.
Desy Setyowati
31 Januari 2019, 09:34
turis domestik
ANTARA FOTO/R Rekotomo
Wisatawan domestik berfoto di lokasi wisata Bukit \"Love\" Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (5/4).

Riset dari penyedia layanan perjalanan berbasis online Booking.com menyebutkan, 75% masyarakat Indonesia bepergian karena alasan status sosial. Mereka ingin bepergian ke tempat yang belum dikunjungi oleh temannya.

Riset ini dilakukan Booking.com terhadap 1.989 wisatawan Indonesia. Alasan serupa juga diungkapkan oleh wisatawan asal India sebanyak 75% dan Filipina 80%.

Meski begitu, di tempat wisata, 90% wisatawan Indonesia ingin meluangkan waktu untuk bersantai. Selain beristirahat, mereka ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, menemukan sensasi dan kegembiraan, serta mencari pengalaman baru.

Setidaknya ada lima faktor yang menjadi pertimbangan wisatawan Indonesia dalam memilih tujuan wisata. Di antaranya kebersihan; keindahan alam; keamanan pribadi; kuliner; serta, warga lokal yang menarik dan ramah.

(Baca: Dorong Pariwisata, Pemerintah Genjot Infrastruktur Labuan Bajo)

Selain di dalam negeri, negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia adalah Singapura; Malaysia; Macau; Hong Kong; Jepang; Tiongkok; Maldives; Nepal; dan, Myanmar.

Secara total, Booking.com melakukan survei terhadap 53.492 wisatawan di 31 negara. Usia responden minimal 18 tahun dan melakukan perjalanan setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Survei dilakukan secara online pada 16 Oktober dan 12 November 2018.

Dari riset tersebut, 73% wisatawan Argentina termotivasi untuk bepergian karena ingin bernostalgia. Lalu, 83% wisatawan Tiongkok dan 76% asal Taiwan ingin merasakan gaya hidup yang lebih sederhana dengan bepergian.

Sementara 66% wisatawan Jepang, 72% asal Jerman, dan 80% Hong Kong ingin bepergian untuk menghindari berbagai tuntutan di rumah. Lalu, wisatawan Rusia ingin menghabiskan waktu luangnya dengan mencari tantangan dan kesenangan dengan bepergian.

(Baca: Bawa Rp 1,5 Triliun, Startup Unicorn India OYO Jajal Pasar Indonesia)

Secara umum, selama di perjalanan, wisatawan dari 31 negara ini ingin meluangkan waktu untuk bersantai,  beristirahat, dan mencari pengalaman baru. Bagi wisatawan Denmark dan Prancis, mereka ingin bebas melakukan yang diinginkan selama perjalanan.

Adapun lima faktor pertimbangan dalam menetapkan tempat wisata yang akan dikunjungi adalah keamanan pribadi; kebersihan; keindahan alam; kuliner; dan, cuaca yang bagus.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait