Jokowi Kuasai Media Sosial Setelah Putaran Pertama Debat Capres

Sementara di Twitter, tagar #PrabowoIndonesiaMenang mengungguli #JokowiAminMenangDebat.
Desy Setyowati
18 Januari 2019, 16:01
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01 dan Paslon 02, Jokowi-Ma\'ruf dan Prabowo-Sandi, berjabat tangan usai Debat Capres I 2019 di Jakarta, Kamis, (17/1/2019)

Debat calon presiden (capres) telah berlangsung pada Kamis (17/1) malam kemarin. Setelah sesi debat perdana tersebut, PoliticaWave menyatakan pasangan capres dan wakil presiden (cawapres) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam hal percakapan di media sosial.

"Secara keseluruhan, pasangan calon Nomor Urut 01 mendominasi percakapan netizen," kata Founder of PoliticaWave Yose Rizal dalam siaran pers dikutip dari Antara, Jumat (18/1).

Perbandingannya, 55% percakapan netizen seputar debat pertama capres dan cawapres terkait pasangan Nomor Urut 01, yakni Jokowi-Ma’ruf dan 45% tentang pasangan Nomor Urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Yose Rizal juga menganalisis sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua pasangan calon. Ia menyebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82% dan sentimen negatif sebesar 18%. Sedangkan pesaingnya, Prabowo-Sandi meraih 76% sentimen positif dan 24% negatif.

Advertisement

(Baca: Timses Sebut Prabowo Terlalu Santun dalam Debat Perdana)

Berdasarkan data yang ia terima, pasangan Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Bahkan, pada segmen dua yang membahas tema hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen positif 88%. "Karena pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks," ujarnya.

Sementara, menurut situs trends24.in, topik populer yang dibahas selama 24 jam di Twitter Indonesia adalah #DebatPertamaPilpres2019. Disusul oleh #PrabowoIndonesiaMenang, #JokowiAminMenangDebat, dan #Debat01Jokowi. Secara keseluruhan, topik mengenai Joko Widodo yang paling banyak dibahas. Lalu, disusul oleh bahasan seputar Prabowo.

Menurut polling Litbang Kompas, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nilai 7,1% dan pasangan Prabowo-Sandi 7% terkait penguasaan masalah. Mengenai program kerja, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nilai 7,3% dan Prabowo-Sandi 6,7%.

Namun, terkait cara berkomunikasi, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nilai 7% dan Prabowo-Sandi lebih unggul dengan nilai 7,2%. Sementara mengenai penilaian secara umum, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat 7,6% dan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 7,3%.

(Baca: Ma'ruf Amin Tak Banyak Menjawab, Timses: Itu Bagian dari Strategi)

Adapun debat kedua capres dan cawapres akan berlangsung pada 17 Februari 2019. Masing-masing pasangan calon akan memaparkan visi, misi, dan gagasannya untuk tema energi dan pangan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait