Cara Unlock Modem Bolt dan Ganti Kartu Smartfren

Proses refund Bolt akan dilakukan selama satu bulan, hingga 31 Januari 2019.
Desy Setyowati
2 Januari 2019, 14:51
Bolt
Katadata/Desy Setyowati
Beberapa pelanggan melakukan proses refund di gerai Bolt, Puri Kembangan, Jakarta, Selasa (1/1).

Tanggal 28 Desember 2018, menjadi hari terakhir Bolt dalam mengoperasikan layanan Internet 4G LTE. Bolt kemudian diwajibkan untuk memenuhi hak pelanggan, termasuk mengembalikan sisa pulsa atau kuota data yang belum terpakai.

Proses pengembalian (refund) ini dibuka selama satu bulan, mulai Senin, 31 Desember 2018, sampai Kamis, 31 Januari 2019. Pada situs resmi bolt.id, Bolt menyediakan sebuah tautan situs khusus bagi pengguna yang ingin mengajukan pengembalian sisa pulsa atau kuotanya.

Bolt juga bekerja sama dengan operator Smartfren untuk menampung pelanggan Bolt yang masih mau menggunakan model Wi-Fi 4G LTE dengan penawaran khusus.

Agar lebih jelas, berikut langkah-langkah proses pengembalian dana (refund) dan peralihan pelanggan ke Smartfren.

Advertisement
  1. Proses refund  kuota Bolt

- Kunjungi halaman situs bolt.id

- Temukan pilihan "Store Location" untuk melihat di mana saja alamat Bolt Zone yang tersebar di 28 titik. Bolt Zone adalah pusat layanan pelanggan dari Bolt.

(Baca: Tawarkan SIM Card Gratis, Smartfren Ambil Alih Pelanggan Bolt)

- Di sana juga ada menu "Refund" untuk memulai proses klaim pengembalian dana dan kuota. Pilih "Refund", kemudian akan muncul halaman Bolt Refund System.

Pelanggan akan diminta mengisi nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identifer), yaitu 18 digit angka yang berada di belakang kartu SIM Bolt.

- Setelah mengisi nomor ICCID atau nomor Bolt Home, pihak Bolt akan melakukan proses verifikasi untuk mengevaluasi apakah pelanggan memiliki dana atau kuota yang harus dikembalikan. Setelah verifikasi selesai, pelanggan akan mendapatkan email notifikasi.

- Setelah menerima email, pelanggan akan mengetahui jumlah dana yang akan di-refund. Pelanggan bisa meneruskannya dengan mengunjungi Bolt Zone serta membawa data diri beserta foto kopi KTP dan buku tabungan.

- Ada penawaran khusus untuk pelanggan Bolt Home yang berada dalam cakupan jaringan internet kabel optik First Media dari PT Link Net Tbk. Mereka ditawarkan diskon 30 persen dan Double Speed Upgrade untuk berlangganan selama 12 bulan, serta gratis semua saluran TV kabel selama 3 bulan, dimulai dari paket Rp 217.300 per bulan. 

(Baca: Izin Dicabut, Bolt dan First Media Masih Punya 5 Ribu Pelanggan)

  1. Proses beralih ke Smartfren

- Pengalihan layanan Bolt ke Smartfren bisa dilakukan setelah proses refund selesai.

- Pelanggan Bolt cukup datang ke 28 lokasi gerai Bolt Zone yang tersedia di Jabodetabek dan Medan. Pelanggan harus melakukan rangkaian verifikasi nomor Bolt mereka di sana.

- Apabila sudah terverifikasi, teknisi akan melakukan proses unlock agar modem dapat digunakan dengan SIM Card operator lain.

customer service di lokasi akan memberikan kartu Smartfren dan membantu pelanggan untuk aktivasi dan melanjutkan layanan internet-nya dengan menggunakan Smartfren. 

- Pelanggan bakal mendapatkan kartu perdana Smartfren Now Plus gratis, dengan kuota sebesar 6 GB, terdiri dari 2,5 GB kuota utama dan 3,5 GB kuota malam.

- Sementara, untuk pelanggan Bolt pascabayar, bisa mendapatkan diskon 50 persen pembayaran bulan pertama. Caranya, cukup menukarkan kartu SIM Bolt-nya dengan kartu perdana pascabayar dari Smartfren.

Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait