Malang dan Banyuwangi jadi Destinasi Favorit Baru Wisatawan Domestik
Malang dan Bayuwangi menjadi tujuan Wisata favorit baru sepanjang 2018. Kedua kota ini dinilai memiliki banyak lokasi wisata yang menarik untuk ditampilkan di sosial media atau disebut instagramable.
Chief Executive Officer (CEO) PT Binokular Media Utama Sapto Anggoro mencatat, jadwal penerbangan ke Malang meningkat sekitar empat kali lipat dari dua menjadi delapan tahun ini. "Bukan karena alamnya yang eksklusif, tapi destinasinya dibuat," ujar dia di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Selasa (18/12).
Begitu pun dengan Banyuwangi. Berdasarkan pantauannya, pemerintah kabupaten (pemkab) Banyuwangi aktif menciptakam tujuan wisata baru yang instagramable. Belum lagi, pemerintah pusat (pempus) membangun bandara sehingga mempermudah wisatawan mengunjungi Banyuwangi.
Meski begitu, menurut dia DI Yogyakarta masih akan menjadi tujuan wisata favorit wisatawan Indonesia karena banyak lokasi yang instagramable. "Kalau melihat pertumbuhannya, Malang dan DI Yogyakarta masih akan tinggi," kata dia.
Vice President Marketing Traveloka Kurnia Rosyada pun sepakat bahwa Malang dan Banyuwangi menjadi tujuan wisata populer baru tahun ini. "Batu, Malang wahananya lumayan populer. Ada museum angkut juga. Banyuwangi sejak dibuka bandara juga banyak yang mencari," kata dia.
(Baca juga: Kemenpar Kembangkan Wisata Digital Lewat 1001 Spot Instagramable)