Softbank dan Alibaba Kembali Suntik Modal Rp 16 Triliun ke Tokopedia

Desy Setyowati
12 Desember 2018, 11:48
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Jelang tahun baru 2019, Tokopedia mendapat pendanaan baru senilai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 16 triliun. Pendanaan itu dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group, diikuti oleh investor sebelumnya seperti Softbank Ventures Korea dan lainnya.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyampaikan, perusahaannya bakal terus fokus pada pasar Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur untuk memberdayakan bisnis lokal.

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia. Sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," kata dia dalam siaran pers, Rabu (12/12).

William menyampaikan, sembilan tahun pertama kehadirannya, Tokopedia fokus untuk menjadi marketplace terbesar di Indonesia. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia ingin mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS). Dengan begitu, teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan bisa dipakai oleh mitra, baik secara online maupun offline.

(Baca juga: Struktur Kepemilikan Tokopedia Bocor, Softbank Kuasai Hampir 40% Saham)

Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia Lydia Jett menyampaikan bahwa Tokopedia menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia.

"Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan pengusaha lokal dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan berkelanjutan," ujarnya. 

Grafik:

Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group Kenny Ho menambahkan, Tokopedia merangkul banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. "Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," kata dia.

Adapun Tokopedia menjangkau 93% kecamatan di Indonesia. Tahun ini, transaksi (gross merchandise value/GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat. Saat ini Tokopedia juga melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25% transaksi yang terjadi dalam platform-nya.

Sebelumnya,  Kr-Asia melaporkan bahwa Softbank memiliki hampir 40% saham Tokopedia. Secara rinci, SoftBank Vision Fund (SVF) memiliki 29% saham Tokopedia. SVF ini merupakan perusahaan di bidang investasi di bawah  Softbank Corp. Selain itu, Softbank dikabarkan memiliki saham Tokopedia dari perusahaan lainnya seperti SB Global Champ Fund, SB Global Star Fund dan SB PAN-ASIA Fund yakni sekitar 8,8% dari total saham.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait