Fokus Kembangkan Jaringan 4G, Pengguna Indosat Naik di Luar Jawa

Tahun depan, Indosat akan membangun jaringan 4G di 28 kabupatan dan provinsi, serta delapan kota.
Desy Setyowati
11 Desember 2018, 17:32
Indosat
Arief Kamaludin|KATADATA
Indosat

PT Indosat Tbk fokus membangun jaringan 4G di luar Pulau Jawa, khususnya Lampung, Kalimatan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Sejalan dengan strategi ini, Indosat mencatat peningkatan pengguna di luar Jawa.

4G Project Indosat Ooredoo Suhendri Naswil menyampaikan, pangsa pasar perusahaan di Lampung naik dari 15% menjadi 30% sejak merilis layanan 4G pada April lalu. Pengguna aktif layanan data Indosat di Lampung juga mencapai 30% dari total pengguna internet.

"Pelanggan itu begitu dikasih 4G langsung diserap. Kami bangun (jaringan 4G) full coverage, jadi terasa sekali," ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (11/12). 

Begitu pun dengan Makassar dan Banjarmasin, pangsa pasar Indosat naik 5% sejak merilis layanan 4G. Pengguna aktif data di kedua wilayah itu juga naik sekitar 10%. Sementara di Sumatera Utara, Indosat baru merilis layanan 4G pada bulan ini.

Advertisement

Sementara, secara keseluruhan, hingga kuartal III 2018, jumlah pengguna Indosat di Indonesia justru menurun sekitar 33,9% menjadi 64,1 juta. Oleh karena itu, perseroan fokus memperbaiki jaringan, khususnya 4G di luar Pulau Jawa untuk meningkatkan jumlah pengguna.

(Baca juga: Transformasi Bisnis Digital Indosat Dijanjikan Tanpa PHK

Tahun depan, Indosat masih akan membangun jaringan 4G di 28 kabupatan dan provinsi, serta delapan kota. "Kami lebih banyak fokus di luar Pulau Jawa. Kami luncurkan satu per satu. Nanti disusul 5G," kata dia.

Secara keseluruhan, Division Head Network Optimization Indosat Ooredoo Joko Riswadi menyampaikan, layanan 4G sudah mencapai 80% dari seluruh jaringan yang dimiliki di Indonesia. Jumlah tersebut naik signifikan dibanding tahun lalu, yang hanya 36%. "Mulai dari kota besar hingga yang kecil sudah ter-cover (layanan 4G)," ujarnya.

Setidaknya ada tiga pendekatan yang dilakukan Indosat dalam menyediakan layanan 4G. Pertama, fokus pada penyediaan layanan menyeluruh hingga ke kota kecil. Kedua, meningkatkan kecepatan layanan data dengan menambah kapasitas. Ketiga, optimatisasi jaringan.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait