Softbank Dikabarkan Suntik Dana Rp 14,6 Triliun ke Tokopedia

Valuasi Tokopedia kini ditaksir mencapai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 102,2 triliun.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
22 November 2018, 08:48
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Tokopedia disebut-sebut baru saja mendapat tambahan modal senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,6 triliun. Tambahan modal dari Softbank ini membuat valuasi Tokopedia kini ditaksir mencapai US$ 7 miliar atau sekitar Rp 102,2 triliun.

Apabila nilai tersebut benar, maka Tokopedia menjadi perusahaan rintisan dengan valuasi terbesar di Indonesia, mengacu pada data CB Insights.

Hanya, tak disebutkan rinci siapa saja yang turut dalam putaran pendanaan tersebut. Sementara, baik Tokopedia maupun SoftBank menolak berkomentar mengenai tambahan modal tersebut.

"Pendanaan besar menunjukkan bahwa beberapa investor melihat Tokopedia sebagai salah satu pemimpin potensial di pasar ke depan," ujar partner di Bain & Company's di Jakarta Usman Akhtar dikutip dari Bloomberg, kemarin (21/11).

(Baca juga: Tokopedia Resmi Ganti Tokocash dengan OVO Milik Grup Lippo)

Berdasarkan riset yang dilakukan iPrice, jumlah kunjungan bulanan Tokopedia menjadi yang terbesar di Indonesia, kemudian diikuti BukaLapak dan Lazada. Transaksi (Gross marchandise value/GMV) Tokopedia yang mengacu pada nilai total barang yang dijual melalui platform pun meningkat lebih dari tiga kali lipat tahun ini.

Sekadar informasi, penyedia layanan on-demand PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Go-Jek dikabarkan mendapat komitmen tambahan investasi senilai US$ 1,2 miliar dari investor lama yakni Tencent Holdings Ltd, Google, dan JD.com Inc pada Oktober lalu. Jika terealisasi, tambahan modal ini akan menambah valuasi Go-Jek menjadi US$ 9 miliar atau sekitar Rp 136 triliun.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait