Startup ReCharge Sewakan Power Bank di 100 Titik di Jabodetabek

Harga sewanya mulai Rp 10 ribu per hari.
Desy Setyowati
24 Oktober 2018, 18:59
ReCharge
ReCharge
Aplikasi ReCharge

Dewasa ini, ponsel pintar (smartphone) menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat urban. PT Jalan Terus Saja atau ReCharge melihat hal itu sebagai peluang, sehingga menyediakan layanan penyewaan pengisi daya (power bank) berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

“Kami melihat masyarakat Indonesia pada usia produktif sangat lekat dengan ponsel dan memiliki kebutuhan untuk tetap terkoneksi," ujar Co-Founder dan Chief Executive Officer ReCharge Dick Listijono dalam siaran pers, Rabu (24/10).

Saat ini, ReCharge memiliki 200 mesin sebagai alat untuk menyewakan power bank yang disebut ReCharge Station di lebih dari 100 lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Mayoritas berada di pusat perbelanjaan seperti Pondok Indah Mall, Pacific Place, fX Sudirman, hingga Mall BTM Bogor.

Sebagian stasiun dibangun di gedung perkantoran, restoran, sekolah, balai pertemuan dan tempat-tempat hiburan. Melalui aplikasi, pengguna dapat mengetahui lokasi ReCharge Station terdekat melalui fitur Cari ReCharge.

Advertisement

Harga sewa power bank ReCharge mulai dari Rp 10 ribu untuk sewa selama sehari. Layanan ini bersifat fleksibel. Sebab, konsumen bisa mengembalikan power bank di stasiun yang berbeda dari lokasi ketika meminjam.

(Baca juga: Bocoran Google untuk Startup yang Ingin Jadi Unicorn)

Pengguna bisa melakukan isi ulang (top up) secara tunai ataupun kas untuk pembayaran. Dalam hal ini, ReCharge telah bermitra dengan beberapa perusahaan penyedia layanan pembayaran seperti Aplikasi mobile financial services dari Telkomsel, TCash; PT Dompet Anak Bangsa atau Go- Pay; PT Visionet Internasional (OVO); BCA Virtual Account; transfer melalui beberapa bank; serta perusahaan yang memiliki loyalty poin seperti Telkomsel poin.

Setelah saldo terisi, pengguna dapat memindai kode Quick Response (QR) pada layar ReCharge Station. Lalu, pengguna memilih tipe kabel yang sesuai dengan kebutuhan seperti lightning, android, atau USB Type C. Lantas, power bank ReCharge keluar secara otomatis dari ReCharge Station dan siap untuk digunakan.

Power bank ReCharge berkapasitas 4.000 mAh dan dilengkapi dengan fast charging technology.  Dengan demikian, masing-masing power bank mampu melakukan dua kali pengisian ulang baterai hingga penuh. Power bank ReCharge sendiri berukuran 135x76x16 mm dan berbobot ringan supaya mudah dibawa.

Sejak beroperasi pada Maret 2018, aplikasi ReCharge sudah diunduh  lebih dari 50 ribu kali. “Ke depan, kami memiliki visi yang besar dengan memanfaatkan inovasi Internet of Things (IoT) untuk mengembangkan aplikasi ReCharge sebagai solusi praktis dan mudah untuk berbagai hal,” ujar Dick.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait