Jack Ma Pensiun, Daniel Zhang Akan Pimpin Alibaba Tahun Depan

Di hari ulang tahunnya yang ke-54, Jack Ma memulai masa transisi kepemimpinan di Alibaba.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
10 September 2018, 11:53
Jack Ma di Palembang
ANTARA FOTO/INASGOC/Zabur Karuru
Jack Ma tercatat oleh Forbes memiliki total kekayaan US$ 38,7 miliar atau setara Rp 570 triliun.

Pendiri dan Chairman Alibaba, Jack Ma mengumumkan rencana pensiun yang akan dimulainya pada umur 55 tahun. Bertepatan dengan ulang tahun Jack Ma yang ke-54 hari ini, ia menyatakan bahwa Daniel Zhang akan menjadi nahkoda Alibaba. 

Jack Ma akan mundur dari posisi Chairman per 10 September 2019. "Sementara ini, selama 12 bulan ke depan untuk memastikan kelancaran transisi, saya akan bekerja sama dengan Daniel Zhang," ujarnya dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP, Senin (10/9).

Hanya, ia tak akan sepenuhnya meninggalkan Alibaba. Meski tak lagi menjabat Chairman, tahun depan Jack Ma masih tetap akan menjadi bagian dari direksi sampai rapat umum pemegang saham Alibaba pada 2020. 

Setelah itu, Jack Ma akan menghabiskan waktunya Alibaba Partnership atau grup 36 mitra dari jajaran manajemen senior perusahaan dan kelompok yang terafiliasi dengan Alibaba Group. Masih banyak impian yang harus saya kejar. Mereka yang mengenal saya tahu bahwa saya tidak suka duduk diam," katanya.

(Baca juga: Bertemu Jack Ma, Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Alibaba)

Jack Ma merupakan mantan guru bahasa Inggris sebelum membangun Alibaba pada 1999 di tanah kelahirannya, Hangzhou. Ia kini menjadi salah satu orang terkaya di Tiongkok. 

Alibaba telah membuka banyak usaha, mulai dari e-commerce, komputasi awan, film, dan e-payment. Saat pasar saham ditutup Jumat lalu, Alibaba bernilai US$420,8 miliar atau Rp6.236 triliun.

Jadwal Jack ma untuk Alibaba pun terus dijalankan. Jack Ma akan berada di Rusia pekan depan untuk rapat bisnis, bos Alibaba itu juga akan melakukan perjalanan bisnis ke Afrika Selatan. Jack Ma juga dijadwalkan untuk berpidato pada investor pada pertengahan September mendatang.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait