Startup Emasdigi Tawarkan Investasi Emas dan Valas

Emasdigi menawarkan produk investasi mulai dari Rp 5 ribu untuk 0,01 gram emas.
Desy Setyowati
24 Agustus 2018, 13:16
Emas 1
Arief Kamaludin | Katadata

Layanan financial technology (fintech) jual beli emas Emasdigi tengah menjajaki penjualan produk investasi valuta asing (valas). Sebab, peminat instrumen investasi ini cukup banyak, imbal hasil (return) yang ditawarkan juga cukup besar.

Selain itu, Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Emasdigi Claudia Kolonas menyampaikan, ada beberapa produk lain yang dijajaki untuk ditawarkan kepada konsumen. "Kami dalam proses validasi beberapa produk, karena kami terafiliasi dengan perusahaan keuangan," kata dia saat konferensi pers di Keraton at The Plaza, Jakarta, Jumat (24/8).

Dengan demikian, ia berharap jumlah pengguna Emasdigi bakal meningkat dari saat ini 30 ribu orang di 34 kota. Hanya, ia belum mau menyebutkan target pengguna hingga akhir tahun ini. "Begitu teknologi selesai, kami luncurkan (produk valas). Target Kuartal IV," katanya.

Layanan investasi besutan PT Bumi Santosa Cemerlang, EmasDigi terafiliasi dengan PT PG Berjangka yang terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Seluruh transaksi konsumen juga terdaftar di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity and Derivatives Exchange/ICDX) sebagai tempat transaksi perdagangan berjangka.

Advertisement

(Baca juga: Setelah Investree, Kemenkeu Gandeng Modalku Jualan Surat Utang)

Dengan begitu, Emasdigi mendapat izin untuk menyediakan layanan jual beli investasi komoditas seperti emas, minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), kakao, dan yang lainnya. Begitu pun dengan investasi derivatif seperti valas, saham, dan surat utang yang lainnya, Emasdigi sudah memeroleh izin. "Kalau validasi berhasil, kami akan luncurkan produknya," ujarnya.

Untuk menyasar lebih banyak pengguna, Emasdigi juga menggandeng beberapa e-commerce dan e-wallet. Hanya, Claudia belum mau menyebutkan nama perusahaannya. "Akan ada koneksi data antara Emasdigi dengan e-commerce dan e-wallet yang menjual, menggunakan application programming interface (API) global," kata CTO Emasdigi Natali Ardianto.

Adapun layanan yang ditawarkan Emasdigi adalah beli emas mulai dari Rp 5 ribu atau 0,01 gram; jual emas; cicil emas selama tiga bulan hingga tiga tahun; kirim emas; tagih emas; dan, tarik emas lewat puluhan mitra toko. Dalam aplikasi Emasdigi juga tersedia fitur cari lokasi toko emas terdekat dan tambah teman. "Kami juga akan rilis layanan cashback," kata dia.

Adapun untuk bisa menggunakan layanan cicil emas, pengguna wajib memberikan uang muka sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, Emasdigi memungut biaya 1,5% dari nilai emas yang ditransaksikan. Lalu, untuk mencetak emas juga akan dikenakan biaya sesuai ketentuan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sebagai pencetak.

"Adanya kerja sama dengan e-commerce juga akan ada tambahan biaya. Tetapi kami harga investasi kami tetap terjangkau," kata Co-Founder EmasDigi Tjam Iwan.

(Baca juga: Modalku Cairkan Rp 2 Triliun Kredit UMKM di Tiga Negara)

Selain itu, Emasdigi juga menyediakan dompet virtual GoDompet. Pengguna bisa melakukan isi ulang (top up) GoDompet lewat mobile banking, menukar voucher ataupun melalui e-wallet Doku. Saldo yang terdapat di GoDompet bisa dimanfaatkan pengguna untuk bertransaksi.

Saat ini, ada beberapa platform yang menyediakan layanan jual beli emas secara digital seperti IndoGold, ORORI, dan Tamasia. Indogold atau PT Sinar Rezeki Handal menawarkan empat layanan yakni tabungan, cicilan gadai, dan jual emas. Emas digital tersebut bisa ditarik dalam bentuk fisik saat jumlah emasnya sudah mencapai minimal 1 gram.

Lalu, ORORI merupakan platform yang menjual perhiasan secara online. Selain emas, ORORI menyediakan perhiasan seperti cincin pernikahan, cincin pertunangan, cincin pria, anting, kalung, liontin, gelang tangan, gelang kaki, paket perhiasan, hingga batu berlian dan logam mulia.

Sementara Tamasia merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya membeli emas batangan hasil produksi Anta secara online. Selain itu, Tamasia juga membuka peluang bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan menjadi reseller. Sama seperti yang lainnya, Tamasia juga menawarkan layanan cicil emas mulai dari 1 hingga 100 gram.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait