Sehari Jelang Pembukaan, INASGOC Ganti Agen Tiket Asian Games 2018

Blibli ditunjuk untuk menangani penjualan tiket online Asian Games, menggantikan KiosTix.
Desy Setyowati
17 Agustus 2018, 16:40
Venue Asian Games 2018
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dipersiapkan untuk perlombaan cabang atletik 18th Asian Games Invitation Tournament di Senayan, Jakarta, Jumat (9/2). Cabang atletik yang mempertandingkan 40 nomor tersebut akan digelar mulai 11 hingga 14 Februari 2018.

Asian Games 2018 akan dibuka pada Sabtu (18/8), esok. Tiba-tiba, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) pun mengganti vendor penjualan tiket online dari KiosTix menjadi Blibli.

“Kami evaluasi karena ada banyak kritik dari masyarakat tentang penjualan tiket KiosTix yang bermasalah. Bahkan calon penonton yang sudah membeli masih kebingungan soal sistem penukaran tiketnya," kata Direktur Ticketing INASGOC Sarman Simanjorang, Jumat (17/8).

(Baca juga: Pengguna KiosTix Keluhkan Penjualan Online Tiket Asian Games)

Kendala penjualan tiket Asian Games 2018 melalui KiosTix, telah dikeluhkan, sejak awal pekan lalu. Di media sosial, beberapa pengguna mengeluhkan soal e-voucher untuk ditukar dengan tiket pertandingan yang tak kunjung diterima, meski pembayaran telah berhasil.

Advertisement

Tak hanya itu, pengunjung yang telah membeli tiket untuk menonton pembukaan Asian Games pun kesulitan menukar e-voucher miliknya. KiosTix pun membuka loket penukaran tiket di kantornya di kawasan Kemang, sejak kemarin.

Sarman pun mengakui bahwa sistem pertiketan KiosTix kurang memadai untuk mengelola acara sebesar Asian Games. "Maka itu, kemarin kami putuskan supaya katakan lah perbaikan masih memakan waktu sudah harus segara gandengan partner yang lebih kuat dan bagus."

Public Relation and Community Manager Blibli Christine Lie Hartati pun membenarkan penunjukan itu. "Kami jual tiket pertandingan semua cabang olahraga," kata dia kepada Katadata. "Pelanggan bisa langsung membeli lewat situs website kami. Semudah itu."

(Baca juga: Dari Peta hingga Terjemahan, Google Turut Dukung Asian Games 2018)

Di situsnya, Blibli menjual tiket Asian Games 2018 dengan label KiosTix. Tiket yang dijual mulai dari pembukaan, penutupan, dan pertandingan seluruh cabang olahraga dengan harga mulai Rp 50 ribu hingga Rp 2 juta. Blibli juga menjual merchandise Asian Games 2018.

KiosTix menjelaskan bahwa pembelian tiket Asian Games secara online bisa dilakukan lewat situs Blibli. Sementara secara offline, tetap di bawah kendali KiosTix. "Sekarang tiket Asian Games dapat dibeli di Blibli, Alfamart, dan pop up store Asian Games 2018," demikian dikutip dari akun instagramnya @kiostix.

Pop up store itu ada di beberapa pusat perbelanjaan seperti Pondok Indah Mal 2, Gandaria City, Senayan City, Kota Kasablanka, Pasific Place, Grand Indonesia, Bintar X'Change, Lippo Mal Puri, Central Park, FX Sudirman, Lippo Ml Kemang, Plaza Semanggi, Summrecon Mal Bekasi, Summarecon Mal Serpong, Mal Kelapa Gading Plaza Indonesia, dan Lotte Shopping Avenue.

Selain pusat perbelanjaan, ticket store tersedia di Stasiun Gambir, Terminal 2 & 3 Soekarno Hatta, dan Gedung Menara Mandiri.

Sementara itu, konsumen yang sudah membeli tiket lewat situs KiosTix sudah bisa menukarkan e-voucher di tiket box yang tersedia pintu dua, tiga, empat, dan tujuh untuk kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. 

(Baca juga: Ramaikan Asian Games, Transjakarta Gratis Selama 8 Hari)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait