Pengguna KiosTix Keluhkan Penjualan Online Tiket Asian Games

Desy Setyowati
16 Agustus 2018, 14:52
Renovasi SUGBK
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bersolek menjelang dipergunakan sebagai tempat acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Seremoni pembukaan Asian Games 2018 bakal berlangsung dua hari lagi. Namun, masyarakat masih kesulitan membeli tiket Asian Games 2018. Kesulitan ini disampaikan lewat media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

Wina misalnya, sejak akhir Juni lalu sudah membeli tiket pembukaan Asian Games, serta pertandingan cabang olahraga berkuda, renang, dan atletik. Untuk keempat tiket ini, ia mengaku prosesnya lancar. "Tapi, sebulan kemudian baru diberi tahu untuk memilih section," ujarnya kepada Katadata, Kamis (16/8).

Lantas, ia pun mempertanyakan perihal tersebut ke situs jual beli tiket KiosTix, yang oleh Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) ditunjuk sebagai mitra dalam penjualan tiket Asian Games 2018. "Aku sudah telepon dan tanya lewat email, belum ada jawaban," kata perempuan 29 tahun ini.

Tak berhenti di situ, saat membuka situs KiosTix pada Senin (13/8) lalu untuk membeli tiket pertandingan basket dan voli, ternyata ada perbaikan layanan. "Susah. Lebih mudah beli tiket pertandingan langsung Barcelona," ujarnya yang ke Spanyol pada tahun lalu. Pantauan Katadata, situs KiosTix belum juga bisa dibuka hingga hari ini(16/8).

(Baca juga: Dari Peta hingga Terjemahan, Google Turut Dukung Asian Games 2018)

Keluhan lain disampaikan oleh Etfrizal Khuluqi, yang sudah membeli tiket pertandingan Asian Games 2018 sejak Minggu (12/8) lalu. Namun, hingga dua hari kemudian, e-voucher untuk menonton pertandingan itu belum diterimanya. "Sudah email beberapa kali, tak kunjung dibalas," ujarnya.

Denny Dian Persada juga mengeluhkan situs KiosTix yang tidak bisa dibuka. Keluhan itu ia sampaikan melalui akun twitter @deny_persada pada Selasa (14/8) lalu. Lantas administrator KiosTix melalui akun @kiosTix membalas pesan Deny dan usul agar membeli tiket Asian Games 2018 lewat saluran lain seperti Alfamart atau Akulaku.com.

Sementara, ketika Priskila Evasari hendak membeli tiket pertandingan voli antara Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel), petugas Alfamart justru tak tahu rinciannya. "Petugas katakan tidak ada info tim yang bertanding dan waktunya. Hanya ada hari, jenis cabang olahraga, dan lokasi," kata dia lewat akun twitter @priskilaes, kemarin (15/8).

Katadata pun meminta tanggapan CEO PT Pison Tickettech KiosTix Ade Sulistio Putra dan Ketua INASGOC Erick Thohir terkait keluhan ini. Hanya, hingga berita ini diturunkan keduanya belum memberikan tanggapan. 

Terakhir, KiosTix menggandeng PT Bank Mandiri Tbk menyediakan ticket store untuk penjualan tiket pertandingan Asian Games di beberapa pusat perbelanjaan seperti Mall Pacific Place, Mall Aeon Cakung, Mall Puri Indah, dan Gedung Menara Mandiri.

(Baca juga: Selusin Teknologi Canggih Kawal Asian Games 2018)

Pejabat Eksekutif bidang Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar menjelaskan, penempatan ticket store ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menonton pertandingan Asian Games 2018 secara langsung, di samping mekanisme pembelian secara online. “Kami membantu proses pembelian tiket menggunakan berbagai alat pembayaran dan program promo," kata dia.

Bank Mandiri juga mendukung aktivitas promosi dan sosialisasi lewat LED mandiri, branding mesin ATM, sosial media, website hingga branding gedung kantor Bank Mandiri. Bagi peserta dan pengunjung di Jakarta dan Palembang, Bank Mandiri menyiapkan fasilitas mandiri mobile ATM, vending machine e money, booth money changer serta ribuan mesin EDC.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait