Rudiantara Cek Proyek Palapa Ring di Kabupaten Puncak Jaya

Bupati Puncak Jaya, Papua, meminta Kominfo menambah kapasitas jaringan agar tak ada blankspot sinyal di wilayahnya.
Desy Setyowati
18 Juli 2018, 14:49
Rudiantara
Arief Kamaludin|KATADATA
Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara Katadata Forum bertajuk "Konektivitas Telekomunikasi Indonesia di Era Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa (29/11).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara memeriksa kemajuan proyek Palapa Ring dan Base Transmission Station (BTS) di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Pada kesempatan itu, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menyampaikan apresiasinya atas pembangunan BTS di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal atau 3T.

Alhasil, sekolah, puskesmas, hingga beberapa lokasi publik terakses internet. Di antara sekolah yang kini mendapat akses internet itu adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Mulia yang kemarin dikunjungi Rudiantara.

Hanya, Bupati Yuni meminta agar seluruh sekolah di Puncak Jaya mendapat akses internet untuk kebutuhan ujian nasional dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 2019. "Dengan begitu, kami bisa menerapkan sistem PPDB," ujarnya dalam siaran pers, kemarin (17/7).

(Baca juga: 7 Janji Pemerintah kepada Investor di Sektor Digital)

Advertisement

Akses internet di SMP Negeri 1 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 dibangun melalui program Balai Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kominfo sejak tahun lalu. Yuni mengusulkan penambahan akses dan kapasitas jaringan untuk distrik lain. "Mohon BTS tidak (hanya dibangun) di Trikora saja, kawasan lain yang blankspot segera dapat sinyal seluler," kata dia.

Selain itu, ia meminta dukungan akses stasiun penerima sinyal dari satelit (Very Small Aperture Terminal/VSAT) untuk layanan publik pemerintah. Dengan begitu, tugas pelayanan publik menjadi lebih lancar karena berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi. "Saat ini kecepatan jaringan internet 2 Mbps, kami berharap bisa meningkat jadi 4 Mbps," kata dia.

Ia juga berharap pembangunan proyek Palapa Ring dipercepat untuk menyatukan Indonesia melalui telekomunikasi. 

Adapun dalam kunjungan itu, Rudiantara didampingi oleh Direktur Utama (Dirut) BAKTI Anang Latif, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Papua Titus Emanuel Adopehan Hery Dosinaen, Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle, Kepala Balmon Jayapura Titus Tangke, serta CEO Inforte Solusi Infotek Peter Djatmiko dan General Manager (GM) Infokom Tri Bimo.

(Baca juga: 68 Proyek Infrastruktur Strategis Ditargetkan Rampung 2016-2019)

Selain ke Puncak Jaya, Rudiantara mengunjungi Mamberamo Raya untuk memantau perkembangan pembangunan Network Operation Center (NOC) Palapa Ring Timur dan akses BTS di kawasan hutan Papua. "Saya datang ke sini membawa sinyal BTS agar Bapak dan Ibu mudah berkomunikasi," kata Rudiantara di hadapan Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa dalam akun instagram Kominfo.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait