Masuk Karawang, Go-Jek Buka Go-Food Festival di 10 Kota

Layanan pesan antar makanan Go-Food telah tersedia di 50 kota di Indonesia.
Desy Setyowati
29 Juni 2018, 08:00
Go-Food Festival
Go-Jek
Go-Food Festival

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Go-Jek memperluas cakupan layanan Go-Food dengan membangun Go-Food Festival di Karawang. Dengan begitu, Go-Jek sudah memiliki selusin Go-Food Festival yang tersebar di 10 kota di Indonesia.

"Kami harap bisa meningkatkan penjualan mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner Karawang dari setiap kunjungan wisatawan," ujar Region Head Go-Jek Jawa Barat-Banten Becquini Akbar dalam siaran pers kepada Katadata, Kamis (29/6).

Karawang sendiri sudah disiapkan sebagai kawasan industri modern sejak 1989. Saat ini, dengan adanya pembangunan bandara internasional dan kereta cepat Jakarta-Bandung diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas ke Karawang sebagai tujuan bisnis dan pariwisata. Hal ini menjadi salah satu alasan Go-Food Festival hadir di Pasar Bersih Galuh Mas selama setahun.

Ia menyampaikan, Go-Food telah tersedia di 50 kota di Indonesia dengan merchant dan menu yang beragam. Dengan jangkauan yang luas, kata dia, memungkinkan masyarakat untuk membeli kuliner pilihan dari mana saja, asalkan tidak lebih dari 25 kilometer (km). "Kami optimistis bisa meningkatkan industri kuliner Indonesia,” kata dia.

Advertisement

(Baca juga: Kenapa Go-Jek Mendahulukan Vietnam dan Thailand Ketimbang Singapura?)

Ia mengklaim, rata-rata transaksi mitra Go-Food naik 2,5 kali lipat setelah bergabung. Selama ini, kata dia, banyak mitra Go-Food memulai bisnis kuliner hanya dari dapur rumahan dengan peralatan seadanya. Namun, karena jumlah permintaannya melalui layanan Go-Food cukup besat, Go-Jek mengundang mitra-mitra tersebut berjualan di Go-Food Festival.

VP Operation and Business Development Go-Food Festival Brata Santoso menambahkan, mitra tak perlu mengeluarkan biaya bila berjualan di Go-Food Festival. Sebab, segala perlengkapan dan infrastrukturnya sudah disiapkan. "80% mitra kami adalah UMKM. Namun, pendanaan serta networking masih menjadi tantangan yang mereka hadapi," kata dia.

Di DKI Jakarta, Go-Food Festival hadir di tiga lokasi yakni Gelora Bung Karno, Pasaraya Blok M, dan Mall of Indonesia, Kelapa Gading. Selain itu, Go-Food Festival ada di sembilan kota lainnya yakni Bandung, Bogor, Bekasi, Cirebon, Karawang, Makassar, Palembang, Semarang, dan Surabaya.

(Baca juga: Beda Kongsi Toyota Investasi ke Grab sedangkan Astra Suntik Go-Jek)

Selain terus mengembangkan usaha di dalam negeri, Go-Jek juga menjalankan ekspansi ke empat negara, yakni Vietnam, Thailand, Filipina, dan Singapura, layanan berbagi tumpangan (ride-hailing) akan hadir lebih dulu. Di Vietnam, layanan itu disebut dengan Go-Viet. Lalu di Thailand dikenal dengan GET.

Setelahnya, Go-Jek akan mengembangkan berbagai layanan on-demand lainnya seperti Go-Food dan Go-Send. "Kami berharap bisa menjadi aplikasi gaya hidup utama, pilihan masyarakat di empat negara itu," ujar CEO dan Founder Nadiem Makarim Go-Jek.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait