Saingi YouTube, Durasi Video Instagram Diperpanjang Hingga 1 Jam

Saham Facebook naik 2,3% setelah pengumuman Instagram.
Desy Setyowati
21 Juni 2018, 10:13
Ilustrasi Instagram
Katadata
Ilustrasi Instagram

Instagram akan memperpanjang durasi video di platform-nya dari yang semula hanya 1 menit, menjadi 10 menit hingga 1 jam. Pengembangan ini akan menjadikan Instagram yang semula dikenal sebagai media berbagi gambar dalam grup Facebook, bersaing dengan platform berbagi video milik Google, Youtube.

CEO Instagram Kevin Systrom menyampaikan, fitur ini akan hadir di platform-nya melalui fitur bernama Instagram Televisi (IGTV). "Remaja kini menonton TV 40% lebih sedikit dibanding lima tahun lalu," kata dia sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (20/6) waktu California, Amerika Serikat. "Sudah saatnya (fitur berbagi) video bergerak maju dan berkembang."

Pasar bereaksi positif menjelang peluncuran fitur baru ini. Terbukti, saham Facebook naik 2,3% menjadi US$ 202 pada penutupan perdagangan Rabu (20/6).

Guna menarik pengguna, Instagram menggaet beberapa selebgram untuk memposting video lebih lama pada akun mereka. Di antara para selebgram yang digandeng untuk mencoba fitur baru ini adalah Kim Kardashian dan Selena Gomez.

Advertisement

(Baca juga: Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran)

Mengutip dari CNN, selebgram seperti Kim Kardashian ataupun pengguna yang memiliki pengikut lebih dari 10 ribu bisa mengunggah hingga 1 jam. Sementara pengguna yang memiliki pengikut lebih sedikit, mendapat jatah durasi 10 menit. Ke depan, Instagram juga akan membuat alat ukur guna membatasi durasi video yang diunggah pengguna.

Pada kesempatan yang sama, Systrom juga menyampaikan bahwa pengguna aktif Instagram sudah mencapai 1 miliar saat ini. Jumlah tersebut naik signifikan dibanding September 2017 yang hanya 800 juta. Meski penggunanya meningkat, Instagram belum menetapkan kebijakan monetisasi fitur baru ini ataupun di aplikasi IGTV nantinya.

"Iklan tidak akan menjadi bagian dari IGTV saat peluncuran (nanti). Tetapi kami akan mengeksplorasi dan menguji cara untuk membantu pembuat konten memonetisasi setelah peluncuran," kata juru bicara Instagram.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait