Saldo GrabPay Bakal Bisa Dipakai Beli Tiket MRT

MRT juga telah menjajaki peluang kerja sama mobile payment dengan Go-Jek.
Desy Setyowati
11 Juni 2018, 08:52
MRT Jakarta
Arief Kamaludin|Katadata
Pekerja melakukan aktifitas pembangunan proyek Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan bundaran HI, Jakarta, Rabu, (14/12).

Perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online, Grab Indonesia menjalin kerja sama dengan PT MRT Jakarta terkait pengembangan layanan tiket. Selain itu, layanan kedua moda transportasi ini bakal terintegrasi.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan, kerja sama ini mencakup beberapa poin. Salah satunya, konektivitas first mile-last mile bagi pelanggan kedua perusahaan. "Ini langkah awal untuk mendukung terciptanya sistem transportasi yang modern dan terintegrasi," ujar dia dalam siaran pers, Jumat (8/6) lalu.

Selain itu, disepakati skema penjualan tiket Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dan penggunaan uang elektronik GrabPay sebagai metode pembayaran. Serta, penyusunan proof of concept yang terintegrasi dengan mobile payment. "Kami siap bekerja sama dan memberi dukungan demi memajukan industri transportasi Tanah Air, dengan pengalaman luas kami di Asia Tenggara," kata dia.

(Baca juga: Bank Mandiri Berbagi Jaringan Merchant dengan OVO)

Advertisement

Saat ini Grab Indonesia bekerja sama dengan PT Visionet Internasional atau OVO untuk membentuk platform pembayaran yang terbuka dan menyeluruh. Dengan demikian, nantinya pengguna MRT Jakarta bisa membeli tiket melalui OVO. "Kami sangat antusias akan prospek menggabungkan metode baru dalam transportasi dan pembayaran," Presiden Direktur OVO Adrian Suherman.

Saat ini, Grab mencakup 211 kota di delapan negara di Asia Tenggara yakni Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Di Indonesia sendiri, Grab beroperasi di 132 kota. Selain berkolaborasi dengan MRT Jakarya, Grab menjadi official mobile platform partner Asian Games 2018.

Sementara OVO, merupakan platfrom pembayaran digital yang menyediakan layanan seperti pembayaran, transfer, top up dan tarik dana, serta manajemen aset dan investasi. Saat ini, OVO digunakan lebih dari 60 juta pengguna, salah satunya di ekosistem Lippo Group. OVO juga berkolaborasi dengan lebih dari 30 ribu mitra di 212 kota di Indonesia.

(Baca juga: GrabPay Bisa Diisi Ulang Lagi setelah Gandeng E-Money OVO Milik Lippo)

Adapun sebelumnya, MRT Jakarta juga menjajaki kerja sama pengembangan bisnis di luar tiket (non-farebox) dan mobile payment dengan perusahaan sejenis yakni Go-Jek Indonesia. Kolaborasi ini juga mencakup studi penyusunan proof of concept integrasi mobile payment dan pemuktahiran produk.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait